X-59, Jet Supersonic Buatan NASA Terbang 2021!

X-59 . Foto : NASA

NASA bersama perusahaan Locked Martin, kini sedang mengerjakan tahap akhir  rancangan sebuah pesawat supersonic yang senyap, yang disebut “the son of Concorde”, atau anak dari Concorde, pesawat supersonic legendaris buatan Perancis yang telah di grounded sejak tahun 2003.

NASA mengumumkan akan memulai penerbangan komersial X-59 pada tahun 2021. Mereka memberi nama pesawat ini  X-59 Quiet Supersonic Technology (QueSST), yang sangat dinanti-nantikan, pasca digroundednya  Concorde.

Jet supersonik akan berjelajah di ketinggian 55 ribu kaki, lebih tinggi dari pesawat komersial konvensional. Ia bisa terbang mach 1,5, atau 1,5 kali kecepatan suara, sekitar 940 mph. Agak jauh di bawah kecepatan Concorde yang bisa Mach 2,5, namun X-59 disebut tanpa sonic boom atau lebih senyap.

Sonic boom dapat menyebabkan gangguan di darat, pecah kaca jendela, hingga kerusakan gedung dan gangguan hewan ternak. Itu salah satu sebab Concorde dicekal terbang di AS, dulu.

Cockpit X-59 yang ringkas tapi futuristic. Foto : NASA

“X-59 dapat mengurangi kebisingan, hanya ada dentuman lembut, nyaris tidak terdengar sama sekali,” promosi NASA.

Tiga area utama dalam tahap finishing ini adalah frame bodi, sayap, dan bagian-bagian flap dan elevator, serta cockpit yang di desain sangat inovatif dan futuristic —  eXternal Visibility System inovatif -. Ditargetkan Desember 2020 ini smeua bisa diselesaikan, untuk memasuki tahap uji terbang.

Januari lalu, X-59 baru saja menjalani tinjauan manajemen, yang dikenal sebagai Key Decision Point-D (KDP-D), yang dianggap oleh NASA sebagai “rintangan terprogram terakhir untuk X-59”.

X-59 Foto : Lockheed Martin

“Dengan selesainya KDP-D, kami telah menunjukkan bahwa proyek tersebut sesuai jadwal, “ kata Bob Pearce, administrator rekanan NASA. “Kami memiliki segalanya untuk melanjutkan misi penelitian bersejarah ini untuk masyarakat yang bepergian dengan pesawat terbang supersonic di masa depan,” sebutnya. (yan/NASA)