WHO: Mungkin COVID-19 Akan Ada Selamanya!

Ilustrasi virus corona. (IST)
Ilustrasi virus corona. (IST)

Badan Kesehatan Dunia mengatakan, COVID-19 akan menjadi penyakit endemic seperti virus lain, Mers, Sars, Flu Burung atau flu biasa, yang akan selalu ada sebagai salah satu penyakit umum manusia. “Virus ini nanti akan menjadi biasa, dan tidak akan pernah hilang,” kata pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan, seperti dilansir Reuters.

Banyak penyakit yang menurutnya menjadi “teman” dalan kehidupan manusia, seperti campak, hingga HIV, yang belum ditemukan vaksin untuk “dikalahkan”. “Kita harus realistis, tak ada yang bisa memprediksi kapan penyakit ini akan hilang,” kata Ryan. “Saya pikir penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak.”

Baca Juga: Covid-19 Menyasar Bagian ini di Tubuh Anda!

Ryan sepakat menemukan vaksin adalah jawaban kapan COVID-19 ini bisa dimusnahkan. Namun disisi positifnya, menurut survei WHO, para ilmuwan sedang menguji lebih 100 kandidat vaksin di seluruh dunia, mulai dari vaksin tradisional yang menggunakan versi virus yang tidak aktif hingga upaya percobaan lebih lanjut yang mengambil DNA pasien yang telah negative/kebal.

“Untuk kembali ke kehidupan normal kita butuh kesabaran ekstra, kita butuh lebih banyak waktu untuk ke luar dari pandemi ini,” kata ahli epidemiologi WHO Maria van Kerkhove.(red/futurism)

Ikuti berita Covid-19.