“Wajah Asli” Korea Utara?

BUMOE 24 Okt 2017
“Wajah Asli” Korea Utara?

Warga dan tentara melintasi jalan desa. Ada Mercedes 200 lawas dan sepeda, serta anak kecil. Mirip suanana tahun 1970-an di negeri kita.

Gunung Kumgang, pesisir timur semenanjung Korea. Inikah wajah Korea Utara sebenarnya? Wilayah ini akan jadi zona mematikan, bila terjadi perang antara AS-Korea Selatan dengan negeri Kim Jong Un ini.  Wilayah Kumgang cukup diminati turis, karena alamnya yang indah. Namun belum pernah ada yang bisa memotret kehidupan sosialnya, apalagi kegiatan militer negeri komunis ini, akibat ketatnya aturan menggunakan kamera di sana, khususnya bagi para turis.

Daily Mail kemarin memuat foto-foto ‘wajah asli’ Korea Utara di Kumgang. Pasukan militer yang kurang layak disebut militer, kowad yang sederhana, hingga truk militer mogok berbahan bakar uap! Inikah lawan kuat negeri paman Sam yang adikuasa? Jangan-jangan AS terlalu lebay soal Korut..

Pasukan militer diangkut truk D-Cab kecil merk Nissan

Tentara dengan truk reot yang dikamuflase. Siap lawan barat?

Truk militer berbahan bakar uap.. Disi kayu bakar dan pasukan. Seringkali mogok dan kali ini turis bisa membawa foto ini ke luar dengan sd card cadangan.

 

Anggota militer wanita yang sederhana. Ada yang santai ada yang sedang melapor pada atasan. Kelihatan dominasi laki-laki atas wanita, mirip peradaban awal di negeri lain..

Bermain catur Korea, salah satu pengisi waktu prajurit militer maupun warga di Kumgang

Salah satu sisi yang memperlihatkan wajah Korea Utara, khususnya Kumgang yang mirip era 1960-an di negeri lain.. Foto-foto Dailymail.co.uk

 

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya