VISTA-ESO buat “Peta” 9 Giga Pixel Galaksi Bimasakti

Panorama Galaksi kita, Milky Way, yang ditangkap teleskop VISTA, ESO. dok : ESO

Lembaga antariksa ESO (European Southern Observatory)   menangkap gambar galaksi kita, Bimasakti, dengan ketajaman gambar hingga 9 Giga Pixel, yang belum pernah dilakukan observatorium manapun. Gambar itu sontak mempesona semua ahli dan pecinta astronomi.

Gambar ditangkap oleh teleskop VISTA, dari badan antariksa Eropa,  menunjukkan pemandangan menakjubkan dari inti galaksi kita, Bima Sakti. Karena kita berada ‘di tepi’ galaksi yang berisi  400 milyar lebih bintang ini, terkadang kita dapat melihat pusat galaksi dengan mata telanjang di malam hari.

Namun, berkat teleskop VISTA,  kita dapat melihat lebih detil potret galaksi kita. Para ahli juga dapat membuat ‘peta baru’, dari 84 juta bintang dari 400 milyar bintang yang ada, dengan lebih jelas.

Gambar yang dipublis hanya versi kecil, dari gambar asli yang memiliki resolusi 108.500 × 81.500. Bila anda ingin melihat versi aslinya, silahkan download  di sini, https://www.eso.org/public/archives/images/original/eso1242a.psb, tapi jangan lupa siapkan memori minimal 24,6 GB.

Teleskop VISTA —  Visible and Infrared Survey Telescope for Astronomy — ESO, memotret ribuan gambar langit setelahnya para astronom menyusunnya menjadi satu mosaik 9 giga-pixel. Teleskop Vista adalah salah satu teleskop terbaru, yang mampu memberi gambaran seutuhnya dari galaksi dan alam semesta kita.

Untuk memahami betapa dahsyatnya teleskop VISTA,  silahkan bandingkan dua gambar di bawah ini.

Galaksi Bimasakti, adalah rumah kita, tempat bintang kita yang bernama matahari menyinari dan memberi energy bagi sebuah planetnya, Bumi, yang berisi makhluk hidup, yang utama dan ‘pemenangnya’ adalah kita, ras manusia.

Gambar berpixel tinggi ini memungkinkan para ilmuwan dan astronom untuk mengidentifikasi berbagai objek kosmik di ruang angkasa, yang layak untuk diteliti lebih lanjut.  Rumah kosmik kita — Bima Sakti — adalah bagian dari struktur supermasif yang saling terhubung oleh lebih dari 800 galaksi yang terletak sekitar 1000 juta tahun cahaya. Galaksi kita adalah bagian dari jalan raya intergalaksi, yang membentang sekitar 500 juta tahun cahaya, dan berisi sekitar 100.000.000.000.000.000.000 matahari (bintang), dijuluki oleh para ilmuwan sebagai Laniakea.

Para astronom berpendapat,  ada sekitar 500 miliar galaksi di alam semesta yang diketahui, yang berarti ada sekitar 50.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (5 × 1022) planet yang dapat dihuni, atau planet EXO.  Para astronom jugalah yang berpendapat, bahwa di dalam Galaksi Bima Sakti kita, ada sekitar 400 milyar  matahari (bintang).

Sebelumnya ESO juga telah merilis penampakan jutaan bintang di pusat galaksi Milky Way (Bimasakti) kita :

Masihkah  berfikir kita sendirian di alam semesta ini? (red/sci-tech universe/ESO)