Virgin Galactic Sukses, Wisata Luar Angkasa di Depan Mata?

BUMOE 18 Jan 2018
Virgin Galactic Sukses, Wisata Luar Angkasa di Depan Mata?
Sir Richard Branson pemilik Virgin Atlantik. (Google Image)

Akhir pekan kemarin, menjadi hari penuh kegembiraan bagi Sir Richard Branson. Bagaimana tidak, pemilik airlinene Virgin Atlantik itu menyaksikan pesawat gagasanya, Virgin Galactic menyelesaikan uji coba meluncur dari  pesawat VSS Unity di Gurun Mojave. Tes ke tujuh tersebut, berhasil membawa Virgin Galactic, wahana pesawat wisata antariksa ke ketinggian 50 ribu kaki (15 km) dengan aman, dan meluncur bebas kembali ke bumi.

Saat meluncur dari ketinggian 50 ribu kaki, Virgin Galactic memasuki atsmosfier bumi hingga kecepatan 900 km/jam (Mach 0,9) di ketinggian 22.000 kaki. Posisi pesawat aneh itu distabilkan, dengan ballast pengait dibuang, agar bobot dan posisi motor roket seimbang.

Pilot, Mark ‘Forger’ Stucky dan Michael ‘Sooch’ Masucci, menyelesaikan penerbangan dan mendaratkan pesawat dengan baik. Pendiri Virgin Galactic, Sir Richard Branson mengklaim VSS Unity dan Virgin Galactic, akan membawa penumpang pertama pada bulan April mendatang.

Selama uji terbang terakhir ini Unity pun menggunakan sistem proteksi thermal (TPS) yang diaplikasikan penuh. TPS sangat penting untuk memastikan pesawat tidak mengalami kerusakan selama penerbangan dan masuk kembali ke atmosfir bumi.

Virgin Mother Ship membawa VSS Unity (Virgin Spaceship) yang lepas landas di gurun Mojave, AS. (Google Image)

Virgin Mother Ship membawa VSS Unity (Virgin Spaceship) yang lepas landas di gurun Mojave, AS. (Google Image)

Dokumentasi dari kamera yang dipasang di badan Virgin Galactic,  memastikan beban panas yang dihasilkan oleh gesekan udara saat masuk atsmosfir bumi ditambah dorongan roket serta pergantian kecepatan supersonic ke subsonic tidak menyebabkan kerusakan apapun.

Tes ini sekaligus memupus kejadian  3 tahun lalu, saat kecelakaan fatal Virgin Galactic di gurun California. Saat itu, Sir Richard menyebut  “kemunduran besar untuk perjalanan ruang angkasa komersial”.

Dalam statusnya di Twitter dan Istagram, Sir Richard mengungkapkan  kegembiraannya. “Hari yang menyenangkan untuk Virgin Galactic dan  Spaceship Two, turun dari ketinggian 50.000 kaki lurus ke bawah pada 0.9 Mach. Semoga setelah ini kita bisa terbang ke luar angkasda dan melihat bumi kita dengan penuh cinta”

Momen ini sekaligus membawa Virgin Galactic selangkah lebih dekat untuk membuat pariwisata ruang angkasa menjadi kenyataan. Banyak orang—kaya dan terkenal tentu—telah antri membeli tiket Virgin Galactic.  Selain ilmuwan, ada artis dan pengusaha, di antaranya Stephen Hawking, Brad Pitt dan Ashton Kutcher termasuk dari 700 orang yang mengantri. Ingin ikut? Sayang harganya (tiket) sudah naik, kalau dua tahun lalu Sir Richard mematok 110 ribu pounsterling pulang pergi (sekitar Rp 2 M), kini satu tiket berharga  £ 200.000, atau sekitar Rp3.700.000.000! Enaknya, selain poundsterling dan dollar, uang utama yang akan diterima adalah: Bitcoin! (yan)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya