Unit Tim Tapsel : Suzuki Katanavanza

Banda Aceh – Tim Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan datang ke Seulawah Expedition 2018 dengan tiga unit mobil offroad, satu Toyota FJ40 milik Bupati Tapsel, dua lainnya Suzuki Jimny. Hardtop FJ40 masih bermesin 2F, dengan winch legendaris Warn 8274 di palang depan. Spek lainnya cukup untuk menunjukkan kemampuan Hardtop yang dikenal ganas menaklukkan trek offroad.

Tim Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. Foto : Gibran

Uniknya dua unit Suzuki Jimny jeron mesinnya bukan lagi mesin 1000 cc, tapi 1300 cc milik Toyota Avanza! Recovery dipasang Winch Runva 9500 Q merah yang cukup cepat dan teruji. Menurut Armos, pemilik salah satu Suzuki Jimny, mereka menggunakan mesin Avanza 1300 cc, karena dinilai cukup untuk menghela bodi, logistik  dan dengan kaki kaki Jimny yang ada. “Kalau yang 1500 cc over power bang. Yang 1300 cc ini enak di jalan raya, enak juga di trek offroad,” ujarnya.

Menginstalnya pun menurut Armos tak sulit, tinggal cocokkan dudukan bangku mesin dengan transfercase Jimny. “Kita pake segelondong mesin dan persnelingnya, biar gampang merawat dan cari spare part kalau ada kerusakan,” ujar Armos.

Dan jadilah kedua Jimny tim Tapsel melenggang naik turun kaki Seulawah mengikuti trek Seulawah Expedition 3. “Enak saja naiknya, pake 8:41 ya?” tanya seorang rekan soal perbandingan ratio gardan yang dipakai, disambut anggukan tim Tapsel.

Mesin Avanza 1300 cc, cukup sesuai untuk Jimny. Foto : Gibran

Namun langkah mereka terhenti karena di tengah trek menuju V as kopel patah. “Walau 1300 cc, kalah juga as kopel Jimny ya?”. Dan setelah di las, mereka melanjutkan perjalanan tanpa kendala di mesin dan kaki-kaki. Hanya gagal masuk trek V karena giliran Jimny –lagi — yang patah as kini bermasalah dengan power steering. “Baut pengikat dan stangnya patah,” kata Armos. Mungkin karena keasyikan melibas trek menanjak dan menurun yang penuh bebatuan. Setelah diperbaiki di Seulimum, Tim Tapsel masuk kembali ke trek via Lamtamot, dan  Finish di Keumala Dalam, Pidie. Mesinnya aman-aman saja, dan terbukti cukup andal. Mau mencoba buat Sucuki Katanavanza? (yan)