Trump Pilih Singapura Bertemu Kim Jong Un, 12 Juni 2018

BUMOE 15 Mei 2018
Trump Pilih Singapura Bertemu Kim Jong Un, 12 Juni 2018
Presiden Trump dan Kim Jong Un. Foto dok : Newsweek.

Washington DC-Presiden RI Joko Widodo pernah menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan bersejarah, antara musuh bebuyutan Presiden AS Donald Trump, dengan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un.

Namun Donald Trump tampaknya lebih memilih negara lain : Singapura! Pertemuannya pun telah dirancang, pada 12 Juni 2018 mendatang. Ini akan menjadi pertemuan paling bersejarah, dan public amat menantikan reaksi kedua pemimpin berseteru itu, 12 Juni nanti.

Tweet Trump soal pertemuan dengan Kim Jong Un. dok Twitter Trump

Apalagi, baru baru ini sekretaris negara Trump, Mike Pompeo,  telah menemui Kim di Pyong Yang. Hasilnya, tiga warga AS yang ditahan di Korut dibebaskan. Pompeo sendiri dua kali mengunjungi Korut, dalam bulan April dan Mei ini.

Presiden Kim sendiri telah berulang kali mengusulkan pembicaraan dengan para pemimpin dunia tentang denuklirisasi semenanjung Korea. Namun Kim tetap minta syarat  beberapa konsesi, sebagai imbalan atas janjinya untuk denuklirisasi.  Kunjungan Kim ke Korea Selatan juga menjadi momentum
untuk pertemuan tingkat tinggi dengan Trump ini.

Singapura disarankan, dan kemudian diterima kedua belah fihak karena dianggap sebagai lokasi yang paling baik dan netral. Sebelumnya, Mongolia, dan zona antara Korut dan Korsel pernah juga di-usulkan. Namun pilihan Trump jatuh pada Singapura.  (yan/business insider)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya