Toyota New RAV4 , Mesin Baru, Tampilan Baru!

Toyota New RAV4 hybrid 2019. foto dok Toyota/google

Toyota RAV4, SUV keluarga generasi ke lima akan meluncur tahun 2019 mendatang. Tampil dengan wajah baru yang lebih modis, mirip SUV saudaranya Toyota New Rush hingga Mitsubishi Outlander, atau perpaduan keduanya, melihat grill dan bodi yang memanjang.

Namun tentu akan beda melihat jeroan mesinnya, hybrid! Jadi inilah SUV Hybrid keluarga, yang mengusung penggerak all wheel drive yang menantang. Uniknya, dynamo listrik ditaruh di belakang, yang diklaim mampu memasok 80 persen torsi ke roda belakang.

Ada tambahan isi gardan limited slip differential (LSD), yang semakin mendukung kemampuan SUV ini di jalur (light or medium?) offroad.

Tentu saja mesin listrik hibrida AWD pada New RAV4 ini lebih kompak dan hemat bahan bakar, dibandingkan AWD mekanik, yang didukung hanya mesin bensin 2.5 liter sebelumnya. Setelan AWD juga memiliki variasi untuk berkendara di “segala medan”, misalnya untuk kondisi jalan berlumpur, pasir atau gravel, saat off road.

Transmissi otomatis delapan percepatan baru, untuk New RAV4 2019. Foto dok Toyota

Hebatnya lagi, walau disebut all wheel drive,  secara otomatis bila dikendaraai di jalan raya, hanya front wheel drive yang bekerja, tentu saja untuk semakin menghemat BBM. Gabungan mesin konvensional 2.5 liter hybrid dengan motor listrik ini, membuat tenaga SUV ini menjadi 155 kW.

Toyota menempatkan baterai hibrida nikel-logam, agak lemah sel nikel hibridnya, namun lebih murah harganya. Baterai dipasang di bawah kursi belakang, bukan di bagasi belakang agar ruangan untuk barang tetap luas.

Namun RAV4 anyar ini juga tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.0 liter, yang menghasilkan tenaga 127kW, dengan transmisi manual enam kecepatan. Sementara versi  mesin 2.5 liter hibrida yang lebih eksklusiv dengan pengaturan pengaturan AWD mekanis, dengan transmissi otomatis delapan percepatan baru!

RAV kurang laris di Indonesia, namun laris manis di Eropa, dan Australia. Toyota akan mengirim New RAV4 pada bulan Maret 2019 mendatang ke dua benua itu. Kapan masuk Indonesia?  Atau cukup dengan new Rush saja, Toyota? (yan/news.com.au/*)