Tol Banda Aceh – Sigli Mulai Dikerjakan

BUMOE 15 Des 2018
Tol Banda Aceh – Sigli Mulai Dikerjakan
Ruas Banda Aceh-Sigli sepanjang 73,08 km. dok : BUMN.go.id

Banda Aceh – Jalan tol Banda Aceh Sigli sepanjang 73,08 kilometer sudah dimulai dikerjakan PT Hutama Karya, 14 Desember kemari. Presiden Joko Widodo meresmikan proyek bernilai hampir Rp 9 trilyun, yang direncanakan bisa beroperasi pada tahun 2021 mendatang.

Jalan tol ini sebagai bagian dari tol Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh-Medan sepanjang 470 kilometer, dan menyambung  sampai Bakauheni, Lampung, sepanjang  2048 kilometer, dengan total biaya Rp 55,7 trilyun.  Tol Sumatera ini diprediksi selesai pada akhir tahun 2025 mendatang.

jalan tol dok : lip6

Ruas tol Banda Aceh Sigli sendiri memiliki enam pintu ( masuk-ke luar), yang mulai dari  Baitusaalam(km0), Kuta Baro (km5), Blang Bintang (Bandara SIM, km 13), Indrapuri (km 26), Jantho (km 32),  Seulimum (km 38) dan Padang Tiji (km 73).

Jalan tol ini memiliki jalur (hanya) 2-2 lajur,  yang bisa mempercepat waktu tempuh Banda Aceh Sigli dan sebaliknya. Selama ini, jarak Banda Aceh-Sigli sekitar 90 kilometer melintasi pegunungan Seulawah, dapat ditempuh antara 1,5 hingga 2 jam perjalanan, melintasi Saree. Tol Banda Aceh-Sigli nantinya tidak memiliki pintu ke luar di saree, dan hanya dilintasi jalur jalan biasa yang ada sekarang. (yan/**)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya