Tank T-64 Ukraina Sergap Konvoi Rusia

Sebuah video menunjukkan konvoi Rusia diserang oleh Tank T-64 Ukraina, dan menghancurkan beberapa kendaraan lapis baja BTR-82A Rusia, di Nova Basan, sekitar 50 mil dari ibukota Ukraina, Kiev. Informasi yang disebut dari unit sukarelawan Ukraina, Tank T-62 itu hanya sendirian, pada posisi yang tepat, mampu menembak dan menghancurkan beberapa unit lapis baja Rusia.

Media barat memuji operator tank T-64, yang disebut berhati singa. Bersembunyi di belakang sbeuah rumah, lalu menembakkan beberapa peluru kea rah konvoi. Sebuah ranpur BTR-82A Rusia terkena, dan langsung terbakar.  Pasukan Rusia membalas, namun karena posisi Tank T-64 Ukraina yang tersembunyi, tentara Ukraina dan tank-nya selamat.

Belum ada konfirmasi dari Rusia. Namun diketahui pasukan Rusia saat itu sedang dalam penarikan dari wilayah Kiev dan sekitarnya, untuk mendukung dialog damai, sebut Rusia. Pasukan Rusia sendiri kewalahan menghadapi aksi “gerilya” tentara Ukraina. “Kami  ke sini untuk melumpuhkan fasilitas militer Ukraina, bukan untuk berperang dengan tentara Ukraina, apalagi warga sipil,” kata Kremlin. Rusia sendiri mengakui lebih 2000 prajuritnya telah tewas dalam operasi militer di Ukraina. Namun operasi itu dinilai cukup berhasil, untuk menjadikan Ukraina negara demiliterisasi, agar tak dimanfaatkan AS dan NATO untuk menjadi basis militer mereka yang memudahkan untuk “mengganggu” Rusia. (ian/DM)