Tahun 2029, Semua Bus di AS Bermesin Listrik!

Bus kota listrik di California AS, wajib di tahun 2029 mendatang. Dok : Futurism

California, AS – Semua bus angkutan massal di California, AS mulai tahun 2029 wajib menggunakan penggerak energi listrik! California Air Resources Board (CARB, Senin (17/12/2018) merekomendasikan Pemerintah Negara Bagian California juga mewajibkan semua rumah  yang baru dibangun, memakai solar panel untuk memenuhi kebutuhan listrik warga, berlaku efektif mulai tahun 2019.

“Bus bertenaga listrik  secara dramatis mengurangi polusi Co dan Nox, dalam rangka kontribusi kita bagi keselamatan planet ini,”  kata Ketua CARB Mary D. Nichols. Selain itu, pengusaha bus akan bisa menghemat pengeluaran, karena beralih dari energi bahan bakar fosil ke listrik yang jauh lebih murah.

“Bus nol-emisi di jalan-jalan  akan mengurangi konsumsi energi dan terbentuknya gas rumah kaca. Dan akan menghemat  biaya pengusaha  dalam jangka panjang,” lanjut Nichols.

Langkah ini dapat secara besar-besaran mengurangi emisi karbon di negara bagian tersebut. Saat ini transisi dari bus BBM ke bus listrik sudah dimulai. The New York Times menyebut, saat ini ada 150 bus listrik beroperasi di seluruh AS, terbanyak di California.

Sementara pejabat di San Fransisco mengkhawatirkan tenaga bus karena jalanan di kota itu yang menanjak dan curam. “Dengan penumpang penuh, apakah bus ini akan punya tenaga yang cukup?” . Belum lagi, fasiltas stasiun pengisian baterai (charging) yang harus disediakan pemerintah.

China Lebih Siap!

AS masih berandai-andai, China sebaliknya kini telah memakai dan memproduksi bus dan mobil bertenaga listrik secara besar-besaran. Polusi dahsyat kota kota besar di China menjadi motivasi pemerintah untuk mendukung industri otomotif beralih dari mesin gas ke mesin listrik. Kota-kota industri seperti Shandong, Tianjin hingga Jiangsu kini telah merilis bus listrik, yang bahkan bisa dibeli online, dengan harga antara 25-35 ribu dollar AS (sekitar Rp400-500 juta).

Bus electric buatan China. dok : China electric comercial bus

Bus YTK6118EV9 misalnya, ditenagai baterai  dan dynamo 80 Kw, dengan top speed sampai 110 km/jam! Bus ini bahkan bisa di-isi hingga  60 penumpang.  Ada juga D-deckker buatan  Jiejing Diansche, yang lebih di-utamakan sebagai food truck, atau seight seing truck. Bus seberat  7 ton ini  ditenagai baterai dengan ouput voltase 72 volt yang memutar dynamo besar, yang mampu menggerakkan bus hingga 80 km/jam.

China Food Truck electric 2018. Foto dok : Shandong Jiejingdiancshe

Bus ini memakai stainless steel, lengkap kabin dengan atap yang bisa dibuka, plus tenda awning bila digunakan sebagai food truck. Harganya? Antara25-30 ribu dolar AS. Hebatnya, pemerintah China mendukung ide “listrisisasi” angkutan darat ini dengan mendirikan 800 ribu stasiun charging (cas listrik) di seluruh China, yang akan siap pada tahun 2022 mendatang! Kita kapan ya? (yan/futurism)