Suzuki Luncurkan AllNew Baleno Hactback di Aceh

Akhirnya, Suzuki-Maruti India mengirim  All New Baleno ke Indonesia, dan kini sudah sampai di Aceh.  Adalah Santi, sales showroom Suzuki Aceh yang menunjukkan satu unit New Baleno berkelir merah yang terpajang di show room Suzuki Aceh.

Penampakan pertama, “melanggar” semua bayangan lama tentang Baleno. Yang pertama tentu saja bentuk hactbacknya, yang stylish. Tidak disangka India punya ‘rasa’ yang indah dan cukup futuristic dalam mendesain mobil ini.

Bentuk hatchback membuat volume bagasinya jauh lebih besar.

Spoiler, lampu LED belakang dan bumper yang menyatu membuat pinggul New Baleno tidak lagi mirip artis Bollywood, tapi Korea. Lekuknya saja yang masih menawan, lainnya ramping dan stylish.

Giliran tampangnya menyiratkan Suzuki Ertiga atau sedan lansiran Suzuki lainnya. Kaca headlamp besar dengan LED kecil yang cantik, seolah ada alis tebal ciamik di muka New Baleno baru ini. Foglamp menambah kesan sedan ini modern dan fungsional saat  senja hari.

Interiornya juga tak kalah apik dengan sedan sekelas, bahkan di atasnya. Kursi belakang  cukup lega untuk tiga orang, dengan ruang kaki yang cukup luas, bahkan untuk orang yang cukup tinggi dan besar. Kemudi dengan segala fungsi, tilt dan telescopic steering. Apapun bentuk tubuh anda, fungsi yang nyaman untuk kemudi bisa anda dapatkan. Ada dua airbag di depan sebagai fitur keselamatan standar, serta fungsi ABS, system navigasi satelit, voice command, cruise control dan kemudi yang bisa mengatur system audio di mobil, dan menerima atau menelpon. Fitur ini khusus bagi pengguna iphone kayaknya.

All-new Suzuki Baleno memang memiliki platform yang benar-benar baru, produsennya menyebut sebagai Heartech, dari mendengar pandangan publik?  Disebutkan juga  handling, riding, tingkat efisiensi BBM serta kenyamanan  jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Bobotnya  diklaim  lebih ringan 100kg, tapi  lebih kuat 10% dari model sebelumnya.

“Teririt di kelasnya,” promo Santi.

Namun berbeda dengan di negara asalnya, all new  Baleno 2017 dipasarkan di Indonesia dengan mesin bensin 1.4  liter 92 hp yang didapat pada  putaran mesin 6000 rpm. Semuanya ditopang oleh transmisi manual 5-speed, atau automatic 4 speed. Konsumsi BBMnya diklaim mencapai 22,17 km/liter (manual) dan 20,66 km/liter (matic), sehingga untuk bepergian ke Medan misalnya (sekitar 600 km), anda tak perlu mengisi BBM di tengah jalan, padahal kapasitas tankinya hanya 37 liter.

Mampukah kini Baleno bersaing  di kelasnya, bahkan di kelas city car berlabel LCGC? Dari segi harga, All New Baleno  dipatok cukup rasional. “Rp222 juta untuk tipe manual, dan Rp 234,5 juta untuk tipe matic,” sebuat  Santi. Tunggu dulu, ternyata ada cashback yang cukup besar  untuk pemesan pertama sebelum All New Baleno diluncurkan di Aceh.  Berminat? Hubungi saja Santi di 085207865786, atau kunjungi showroom Suzuki di PT Armada Banda Jaya, Jl Dr Mohd Hasan no. 99 Batoh, Banda Aceh