Sumur Minyak Meledak, Sedikitnya 10 Tewas Terpanggang

Foto dok BNPB

Sumur minyak yang dilola warga di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, Aceh meledak, Rabu (25/04/2018) dinihari. Sedikitnya 10 orang tewas, puluhan lainya  mengalami luka-luka.

“Kejadian sekitar pukul 02.00 WIB dinihari tadi. Sumu minyak berada di lingkungan penduduk” ujar Syahrizal, seorang warga yang selamat.

Para korban tergeletak di lokasi dengan tubuh terbakar.. Foto : dok

Ledakan diduga dipicu percikan api, saat seorang pekerja mengelas pipa yang hendak digunakan menyedot minyak dari dalam sumur. “Ada sekitar 10 orang yang meninggal akibat luka bakar,” kata Camat Ranto Peureulak, Saiful, Rabu (25/4/2018).

Kobaran api menyambar warga yang berada di rumah dekat sumur. Beberapa korban tewas akibat luka bakar tergeletak di lokasi. Sementara korban luka-luka dievakuasi ke rumah sakit setempat. Kobaran api baru mereda menjelang fajar.

“Sekarang jumlah korban masih dalam pendataan baik korban meninggal atau luka-luka,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Misbahul Munauwar.

Belum diketahui penyebab ledakan ini. Polisi dan Pemda Aceh Timur saat ini sudah berada di lokasi. “Kita focus membantu para korban, nanti akan didata koprban dan kerugian seluruhnya,” ujar AKBP Wahyu Kuncoro,  Kapolres Aceh Timur melalui Kapolsek Ranto Peureulak, Ipti Musa.(Ant/dtc/*)