Space X Sukses Luncurkan Tesla Roadster ke Mars!

Space X
Space X " Falcon Heavy" siap berangkat dari Cape Canaveral, Florida, Selasa (6/2/2018). (Dok: SpaceX)

We Have Lift Off!” Suara setengah berteriak di ruang kontrol  Major Tom, Cape Canaveral, Florida, AS, Selasa (6/2/2018) Sore. Ini adalah penerbangan ke luar angkasa yang emosional. Betapa tidak, muatan kabin roket Falcon Heacy kali ini bukan satelit, tapi Tesla Roadster 2009 milik Elon Musk, Milyarder penggagas Space X.

Falcon Heavy, roket raksasa ditenagai 27 mesin ini meluncur ke angkasa, mengantar Roadster ke luar atsmosfier bumi, dan 8 menit kemudian, Space X kembali mendarat ke planet asalnya, untuk digunakan lagi, nanti.  Ribuan penggemar astronomi, dan pegawai Elon Musk menyambut suksesnya peluncuran Space X kali ini dengan gegap gempita. Hitungan mundur diikuti dengan seksama, sampai “we Lift Off” terdengar dari ruang kontrol. Mereka pun bersorak sorai.

Tesla Roadster kini berjalan di luar angkasa.
Tesla Roadster kini berjalan di luar angkasa. (Dok: Space X)

Penerbangan dengan muatan “aneh” inipun diiringi lagu Davied Bowie, “Space Oddity”, yang diputar terus menerus, di sela deru roket dan sorakan massa. Tesla Roadters pun membelah angkasa, meninggalkan planet biru menuju planet merah. Sararnya: Uji ketahanan bodi dan mesin di ruang angkasa, dan tentu saja di planet Mars, yang berjarak hampir 400 juta kilometer dari bumi. Di layar 8 inchi dashboard Tesla Roadster tertulis: “Don’t Panic!”

Elon Musk berharap, misi kali ini membuka jalan bagi misi berawak ke planet mars di masa depan. Diperlukan enam bulan bagi Tesla Roadster untuk mencapai Mars.

Roadster berkelana di ruang hampa, setelah selama ini mengaspal jalanan di bumi.
Roadster berkelana di ruang hampa, setelah selama ini mengaspal jalanan di bumi. (Dok: Space X)

“Tapi dia akan menjadi saksi tata perubahan planet dan surya kita hingga 1 milyar tahun ke depan,” kata Elon Musk.  “Itupun jika tidak meledak berkeping-keping karena ruang hampa tanpa tekanan,” tambahnya. Sebenarnya, hal itulah yang ingin di-uji Musk.

Eh, ada mobil berjalan-jalan di luar angkasa!” celoteh Musk di laman tweeternya. Dan itu adalah mobil pribadinya, hasil kreasi (perusahaannya) nya di bumi, dan kini menjelajah angkasa. Ambisi manusia macam-macam, Yang jelas ambisi Musk telah membawa era kemajuan luar angksa bagi manusia bumi. (yan/DM/Ekpress/Futurism/*)