Seulawah Expedition II, Trek Dijamin Lebih Ganas!

Seulawah Expedition II
Seulawah Expedition II

Indonesia Offroad Expedition (IOX ) Chapter Aceh akan menggelar lagi Seulawah Expedition II. Event ini akan menjelajah pegunungan Seulawah dengan kendaraan offroad roda 4 dan roda 2.

“Ini kan sudah kita bakukan jadi event tahunan, dengan peningkatan kualitas dan beragam trek yang memenuhi standar IOX,” ujar Ketua IOX Aceh, Musni Haffas yang akrab disapa Alex.

Event akan berlangsung mulai 11 -14 Mei mendatang, atau selama 4 hari tiga malam, dengan rute Panca-Keumala menembus belantara Gunung Seulawah.

Event serupa pernah dilakukan tahun lalu. Namun kali ini peserta membludak hingga panitia menutup pendaftaran untuk 50 unit kendaraan roda 4 dan 30 unit kendaraan roda 2 saja. “Kita batasi kendaraan dan peserta yang siap saja, karena trek dijamin akan lebih ganas dari yang dahulu,” ujar Ketua Panitia, Furqan Firmandez.

Karena itu, lanjut dia, scruteenering akan diperketat, dengan kendaraan dan alat recovery sesuai  regulasi IOX.

Para peseta berdatangan tidak saja dari seluruh Provinsi Aceh, tapi juga dari Sumatera Utara, Batam hingga Pulau Jawa. Kendaraan yang turun pun lebih beragam, tahun ini, seperti Toyota Landcruiser berbagai seri (Hardtop, Bundera hingga VX), Landrover dari klub LRCA, berbagai merk kendaraan double cabin yang tergabung dalam klub D-cab Aceh, Daihatsu Taft, Isuzu Trooper, hingga kendaraan mungil 4×4 yang melagenda, Suzuki Jimny.

“Semuanya tentu harus lengkap dengan peranti keamanan dan recovery seperti roll bar, safety belt, winch, hi-lift jack, perangkat komunikasi dan lain-lain,” ujar Furqan. Tentu saja perbekalan makanan dan air selama satu minggu wajib dibawa peserta untuk menginap di kondisi paling ekstreem yang dikelilingi hutan lebat.

Beberapa peserta bahkan mematut mobil offroadnya agar lebih perkasa, dengan kaki-kaki legendaries Toyota FJ60, full floating, locker, shock EMU atau Iron Man Australia, serta rubahan kaki-kaki lain,agar lebih mantap melibas berbagai trek ganas di pegunungan Seulawah. Selamat menikmati petualangan, offroader!