Rusia VS Ukraina : Hari ke-8, Tank T-72 Rusia Hancurkan Reaktor Nuklir Ukraina!

nuklear plant
Reaktor nuklir Zaporizchzia, Ukraina. dok :

Kiev – Tank Tank T-72  Rusia menyerang pusat pembangkit listrik tenaga nuklir, yang terletak di Zaporizhzhia, Ukraina, Kamis jelang Jumat (4/4/2022) dinihari. Kerusakan fasilitas nuklir itu memicu kekhawatiran kebocoran radiasi di kota itu.

Pejabat pemerintah kepada The Associated Press mengakui tingkat radiasi  tinggi telah terdeteksi di dekat lokasi power plant. Kementerian energi atom Ukraina juga tidak membantah, satu dari enam unit pembangkit listrik reaktor nuklir mereka bocor ditembaki tank Rusia.

nuklear p
Unit pembangkit satu yang terbakar

Zaporizhzhia memiliki enam reaktor nuklir, menyumbang hampir seperempat daya bagi kebutuhan listrik di Ukraina. Para pemadam telah tiba di lokasi untuk memadamkan api, dengan pakaian khusus anti radiasi. “Kami menuntut mereka menghentikan tembakan senjata berat,” kata Andriy Tuz, jurubicara reaktor nuklir Zaporizczhia dalam sebuah video yang diposting di Telegram.

“Ini reaktor nuklir terbesar di Eropa. Sebuah tembakan  jarak dekat mengenai  unit daya pertama,” kata Abry Tuz. Dmytro Kuleba, Menteri Luar Negeri Ukraina, mengatakan, “Jika meledak, itu akan menjadi 10 kali lebih besar dari bencana kebocoran nuklir Chornobyl tahun 1968 lalu!” katanya.

Hari ini, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal bergabung dengan presiden Ukraina menyerukan Barat untuk menutup langit di atas pembangkit nuklir Ukraina. “Tutup langit di atas Ukraina! Ini adalah permintaan demi keamanan seluruh dunia!” kata Shmyhal. (ianblaga/dailymail/*)