Rudal Rusia Jatuh di Polandia. Moskow : Provokasi itu!

Sebuah rudal buatan Rusia jatuh dan meledak di Przewodów, sebuah desa pedesaan yang terletak 10 km dari perbatasan Ukraina, pada Selasa sore waktu setempat, atau Rabu pagi WIB.  Ledakan mengakibatkan dua warga Polandia tewas. NATO langsung menggelar pertemuan darurat!

TASS 55793957
Puing rudal yang jatuh dan meledak di Polandia, Foto dok : TASS

Warsawa – Sebuah rudal buatan Rusia jatuh dan meledak di Przewodów, sebuah desa pedesaan yang terletak 10 km dari perbatasan Ukraina, pada Selasa sore waktu setempat, atau Rabu pagi WIB.  Ledakan mengakibatkan dua warga Polandia tewas. NATO langsung menggelar pertemuan darurat!

Kementerian luar negeri Polandia mengkonfirmasi rudal yang ditembak itu benar buatan Rusia. Pada saat bersamaan, katanya, Moskow meluncurkan rentetan serangan rudal baru di seluruh Ukraina.

Polandia merupakan anggota NATO, sehingga organisasi pertahanan negara Eropa itu langsung menggelar pertemuan darurat, Kamis besok (17/11/22), menyusul insiden sangat sensitif tersebut.

Presiden AS Joe Biden di Bali langsung menelpon presiden Polandia, Andrzej Duda. Namun Biden menolak spekulasi rudal itu sengaja ditembak Rusia ke Polandia. “Rasanya tidak mungkin Rusia senekad itu. Tapi kita akan cari tahu,” katanya, Rabu di sela sela pertemuan G20 di Denpasar, Bali.

Para pejabat NATO dan para pemimpin G7 bertemu hari ini untuk merencanakan ‘tanggapan kolektif’ terhadap apa yang diyakini sebagai serangan rudal Rusia. Rudal mendarat di dalam wilayah NATO untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari lalu. Hal ini bisa memicu konflik hingga perang dunia ke tiga (WWIII).

Provokasi

Sementara itu, Menteri pertahanan Moskow, Rabu siang (16/11/22) membantah Rusia sengaja menembak rudal ke Polandia. “Media massa dan pejabat Polandia melakukan provokasi yang disengaja, untuk meningkatkan situasi ke arah perang besar. Mereka sengaja melebih lebihkan dan ada dugaan sengaja memancing situasi agar NATO bias lebih gampang mensupport Ukraina,” kata  kementerian pertahanan Rusia dalam siaran pers di media sosialnya.

“Kami tidak melancarkan serangan kea rah Polandia, bahklan tiodak juga ke dekat perbatasan Ukraina Polandia. Kejadian dan pernyataan (Polandia) itu sangat provokatif,” lanjutnya.  Bahkan kementrian pertahanan Rusia menyatakan puing puing yang dipublikasi media barat di lokasi kejadian di Przewodow tidak ada hubungannya dengan senjata Rusia. (yan/Mail/Moscowtimes)