Ring of Fire Semakin Aktif, Papua dan Maluku Diguncang Gempa Besar

BUMOE 26 Feb 2018
Ring of Fire Semakin Aktif, Papua dan Maluku Diguncang Gempa Besar
Gempa Papua 7,5 SR. dok : Fox

Setelah Senin (25/2/2018) Papu diguncang gempa bumi pada 7,5 Skala Richter (SR), hari ini (26/2/2018), giliran Laut Seram, Maluku diguncang gempa berkekuatan 6,0 SR. Pada gempa di laut Seram, BMKG menyatakan tidak berpotensi tsunami.

Gempa laut Seram, Maluku . dok : Geofon

Gempa di laut Seram  terjadi pada pukul 20.34 WIB. Lokasi gempa berada di  126,81 bujur timur dan 2,71 lintang selatan (LS). Pusat gempa berada di 79 kilometer (km) arah timur laut, Buru, Maluku, pada kedalaman 21 km. Belum ada laporan kerusakan pada gempa ini, khususnya di Pulau Maluku.

Sementara sehari sebelumnya, Papu diguncang gempa 7,5 SR, yang berpusat di wilayah Papua New Guinea. Tidak ada peringatan pada gempa yang berpusat di darat ini. Semakin kerapnya gempa di wilayah Ring of Fire, nampaknya sesuai prediksi para ahli, bahwa kini cincin api Pasific semakin aktif.

Ring of Fire Pasific. foto : Foxnews

Cincin api (Ring of Fire) Pasific ini membentang dari New Zealand, Papua hingga Aceh, lalu ke Filipina, Jepang , semenanjung Korea, Alaska, Pantai Barat Amerika  hingga ke Chile. (yan/fox/*)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya