Ramalan 12 Tahun Wabah Pneumonia : COVID-19?

Ilustrasi virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus Corona. (Pixabay)

Asal muasal Corona Virus, atau COVID-19 masih belum jelas.  Akibatnya, muncul banyak spekulasi asal muasal virus yang menyerang paru-paru ini. Bahkan ada yang mengaitkannya dengan bioweapon (senjata kimia)  yang bocor dari pabrik senjata China. Agak keterlaluan memang.

Sebaliknya para ahli konspirasi mengaitkannya dengan prediksi akhir dunia oleh para peramal terkenal. Nostradamus mislanya, pernah meramal bencana penyakit sesak nafas, yang akan menyerang ras manusia menjelang akhir bumi. Peramal abad ke-16 itu memang meramal wabah penyakit mirip pneumonia di tahun 2020-an.

Sementara dunia maya diserbu para penyuka cerita fiksi dan ramalan, yang mengaitkannya dengan novel Dean Koontz, yang  menulis tentang penyakit coronavirus yang disebut Wuhan-400, dalam cerita novelnya di tahun  1981 berjudul : The Eyes of Darkness.

Bahkan mereka menemukan penulis lain yang menulis dengan tepat sebuah penyakit yang menyebar ke seluruh dunia di tahun 2020. Penulis itu seorang perempuan, bernama Sylvia Browne, dalam bukunya  terbitan tahun 2008, berjudul  “End of Days: Predictions and Prophecies”  tentang akhir dunia. Ia meramal akan terjadi wabah pneumonia!

Sebait ramalan dalam buku itu berbunyi :  “Pada sekitar tahun 2020, penyakit seperti pneumonia yang parah akan menyebar ke seluruh dunia, menyerang paru-paru dan saluran bronkial, dan tidak ada obatnya serta sulit untuk disembuhkan,” tulisnya.  Mungkinkah Sylvia menyontek Nostradamus?

ramalan Sylvia Browne.. dok ; Express

“Membingungkan, fakta bahwa penyakit itu mirip sekali dengan COVID-19, disebut pula datang tiba-tiba dan lenyap juga tiba tiba, menyerang lagi 10 tahun kemudian baru lenyap sepenuhnya,” tulis seorang pembaca buku Sylvia di twitter.

Pengguna Twitter lain, Diana Newman menulis : Ini dari buku Dean Koontz pada tahun 1981. Baca teksnya dengan cermat… Coronavirus … lalu buku Sylvia Browne, ‘End of Times’,” cuitnya.
Sementara  pengguna Twitter lain menulis : “Sungguh sulit dipercaya? Paranormal, Sylvia Browne, meramalkan @coronavirus 12 tahun yang lalu

Yang lain menulis,  “Saya ingat Sylvia Browne, dia selalu cukup akurat dengan ramalannya.”
Coronavirus memang menyebabkan gejala seperti pneumonia pada pasien yang terinfeksi dan menyerang sistem pernapasan. Mungkin hanya sebuah kebetulan..? (yan/express)