Piramid di Bosnia, Mirip Situs Gunung Padang

BUMOE 24 Des 2018
Piramid di Bosnia, Mirip Situs Gunung Padang
Piramida Matahari, di Visoko, Bosnia. Foto dok : google

Visoko, Bosnia – Sebuah bukit yang diyakini berupa piramida besar berdiri di kota Visoko, Bosnia. Piramid dengan lereng segi empat, dan puncak datar, mirip situs Gunung Padang di Cianjur, Indonesia.

Namun para ilmuwan percaya situs ini berusia lebih tua dari piramida Mesir. “Temuan ini akan mengubah sejarah peradaban manusia di bumi. Kita harus menulis ulang,” kata seorang ilmuwan.  Serupa halnya situs gunung Padang, yang juga jauh lebih tua dari piramida Mesir. Berasala dari peradaban pada masa yang sama? Berusia 13-15 ribu tahun yang lalu?

Piramida Visoko ditemukan  pada pada Oktober 2005 lalu, oleh arkeolog yang menggali terowongan bawah tanah, bernama  Semir Osmanagic. “Saya telah menggali enam bulan lamanya. Lembah piramida Bosnia adalah kompleks konstruksi paling monumental yang pernah dibangun di muka planet ini,” kata Osmanagic. Namun banyak juga arkeolog yang tidak yakin, dan menyebutnya hanyalah sebuah bukit biasa saja.

Osmanagic, sang penemu menjuluki  bukit Piramida Visocica sebagai “Piramida Matahari” Bosnia. Tingginya 350 kaki, dan puncaknya disebut piramida bulan.  Sebuah film dokumenter Amazon Prime, The Pyramid: Finding the Truth, berupaya memverifikasi klaim peradaban ini yang lebih tua dari orang Mesir.

Situs Gunung Padang, Cianjur. Foto dok : google

Arkeolog Dr Nabil Mohamed Swelim menegaskan beberapa syarat disebut piramida, yakni harus memenuhi syarat religius, gabungan empat kultus, dewa hingga raja-raja,  termasuk lokasi penguburan para raja.  Kultus utama adalah kultus matahari, Dewa Rah, lalu kultus kedua pemujaan Dewa Osiris, dewa dunia bawah, baru kemudian pengkultusan raja-raja.

“Jadi bentuk piramida ini adalah komunikasi para raja, dengan dunia bawah  dan dunia atas,” katanya.

Bukit Visocica atau Piramida Matahari dinilai memenuhi syarat itu, karena  selama berabad-abad, dikenal  sebagai bukit para raja.  Kompleks terowongan di bawah Piramida Matahari menampilkan kesamaan mencengangkan dengan persyaratan agama, mirip piramida Mesir. Kini para ilmuwan mencoba terus meneilit keberadaan situs itu, utamanya usia peradabannya. Bagaimana dengan situs Gunung Padang? (yan/SExpress)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya