Pilpres 2019 : Jokowi-KH Ma’ruf Amin VS Prabowo-Sandiaga Uno

BUMOE 09 Agu 2018
Pilpres 2019 :  Jokowi-KH Ma’ruf Amin VS Prabowo-Sandiaga Uno

Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan cawapresnya pada Pilpres 2019. Ketum MUI KH Ma’ruf Amin resmi diumumkan jadi Calon Wakil Presiden mendampingi Jokowi.

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok,” ujar Jokowi saat pengumuman di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).Perubahan di detik-detik terakhir ini sendiri termasuk dramatis. Betapa tidak, sebelumnya Jokowi memilih Mahfud MD sebagai pendamping. Hampir semua media online juga secara meyakinkan menulis pilihan Jokwi ini, bahkan kesiapan Mahfud MD.Perubahan di detik-detik terakhir ini sendiri termasuk dramatis. Betapa tidak, sebelumnya Jokowi memilih Mahfud MD sebagai pendamping. Hampir semua media online juga secara meyakinkan menulis pilihan Jokwi ini, bahkan kesiapan Mahfud MD.

Namun dalam hitungan jam, Kamis sore, usai rapat dengan parpol koalisi, Jokowi memilih K.H Makruf Amin. Diduga, ganjalan dari kubu NU, membuat Mahfud MD terdepak.

Sementara kubu koalisi parpol oposisi, Sandiaga Uno tampaknya jadi pasangan mendapingi Capres Prabowo Soebianto. Sandi sendiri memilih mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kubu Demokrat yang kecewa Agus Harimurti Yudhoyono tak dipilih Prabowo, menuding ada permainan uang di balik dipilihnya Sandiaga Uno oleh Prabowo. Wasekjen Demokrat, Andi Arief, bahkan sempat mengkritik tajam Prabowo sebagai Jenderal Kardus, yang hanya mementingkan uang. Siapa Presiden –Wapres RI ke 8? Kita tunggu pilihan rakyat April 2019 mendatang. (yan/***)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya