PAL-V Liberty, Mobil Terbang Dari Geneva

BUMOE 03 Feb 2018
PAL-V Liberty, Mobil Terbang Dari Geneva
PAL-V Liberty sedang terbang. Dok : PAL-V

PAL-V, tak begitu dikenal. Namun sejak akhir tahun lalu PAL-V telah membuka pesanan bagi mobil terbang mereka, dengan harga $ 400.000 (sekitar Rp5,5 milyar). PAL-V Liberty akan tampil habis-habisan di Geneva Motor  Show, 6 Maret 2018 mendatang.

Perusahaan pembuat PAL-V patungan Belanda-Swiss (swasta), yang mengklaim produk mereka yang pertama mendapatkan laik terbang. PAL-V sebenarnya lebih mirip helikopter ketimbang pesawat bermesin turboprop misalnya. Ini karena baling baling rotornya bila dibuka, persis helikopter. Baling-baling belakang sebagai stabilistator sekaligus pendorong lain ada di buritannya.

Kini PAL-V sedang menyempurnakan tahapan akhir kendaraan dua penumpang mereka ini. Akhir 2018 ini, paling lambat awal tahun depan, PAL-V diharapkan bisa mengantar produknya ke konsumen pertama mereka.

PAL-V Liberty pada mode mobil. dok : PAL-V

Di jalan raya, mesin Liberty menghasilkan daya 100 HP, bisa melaju hingga 145 km/jam. Pada mode terbang, kecepatan maksimal menjadi 175 km/jam dengan tenaga bertambah menjadi dua kali lipat, atau 200 HP. Ini berkat penggunaan twin turbo yang bekerja pada mode terbang.

Ingin memilikinya? Nah syarat lain adalah pembeli harus memiliki lisensi sebagai penerbang. Untuk memperoleh lisensi ini sendiri dibutuhkan dana sekitar Rp 1 milyar dengan lama belajar 6-12 bulan.

Liberty akan berhadapan dengan Samson Flyng Car, bemo terbang yang berharga lebih murah dan lebih efesien. Namun bentuknya agak “kuno”, mirip bemo. Saingan lain yang lebih futuristic adalah produk China, Ehang 184, yang mirip drone terbang dan sangat efesien, karena menggunakan tenaga baterai. Harganyapun sangat jauh lebih murah dari Liberty.

Di belakangnya ada Uber, Amazon, NASA, hingga Airbus, yang juga sedang mengembangkan mobil terbang mereka. Umumnya akan menggunakan tenaga baterai, karena alasan ramah lingkungan dan hemat BBM. Kita tunggu saja (yan/PAL-V)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya