NASA Temukan Tata Surya Dengan 7 Planet Mirip Bumi!

BUMOE 24 Okt 2017
NASA Temukan Tata Surya Dengan 7 Planet Mirip Bumi!

Para ilmuwan dengan menggunakan  teleskop ESO (European Southern Observatory) dan NASA, kemarin mengumumkan temuan baru luar biasa : Sebuah sistim tata surya mirip matahari kita, yang memiliki tujuh planet serupa planet bumi. Paling tidak, enam di antaranya memiliki massa mirip bumi, dengan bebatuan dan lautan yang luas!

Tiga dari planetnya beredar dalam garis ‘habitable zones’, memiliki sinar dari mataharinya yang cukup untuk membentuk atmosfir dan bekal bagi makhluk hidup berkembang di planet tersebut. Empat planet lainnya mungkin tidak memiliki samudra luas, namun tetap memiliki kans untuk bisa dihidupi makhluk, karena juga memiliki cadangan air.

“Ini sistem planet yang menakjubkan – bukan saja karena ada banyak planet yang berukuran sama dengan bumi, tapi karena memang kondisi (antmosfir hingga kerak permukaan)nya sangat  mirip dengan Bumi!” ujar salah satu ilmuwan, Amaury Triaud.

Ia menyebut beberapa bintang tidak memiliki energi sekuat matahari kita, sehingga planet yang layak hidup harus mengorbit lebih dekat. “Tapi tidak dengan bintang ini, yang justru bisa ‘menghidupi’ tujuh planet sekaligus,” ujarnya.

Untuk ukuran jarak galaktik, sistim tata surya ini ‘tak terlalu jauh’ dari kita,  ‘hanya’  40 tahun cahaya. Pada skala kosmik, konfigurasi bintang ini berada di sebelah kanan pada sistim galaksi milky way kita. “Untuk teknologi saat ini, mungkin kita butuh ratusan juta hingga milyaran tahun sampai ke sana. Tapi paling tidak kita sudah tahu, ada banyak planet serupa bumi di luar sana,” katau Amaury.

Selama ini ilmuwan memakai teleskop yang sudah ada, term asuk teleskop luar angkasa Hubble untuk mencari kehidupan di jagad raya. Menurut Emmanuël Jehin, seorang ilmuwan yang juga mengerjakan penelitian ini, menegaskan bahwa teleskop masa depan dapat memungkinkan kita untuk benar-benar melihat ke jantung sistem tata surya ini. “Dengan teleskop generasi mendatang, seperti Teleskop Luar Biasa Eropa ESO dan Teleskop Luar Angkasa NASA / ESA / CSA James Webb, kami akan segera dapat mencari air dan mungkin juga bukti kehidupan di dunia ini. Mungkin pula kita melihat lebih jelas samudra dan kehidupan nyata di planet-planet tersebut,” tandasnya. (ESO, NASA,*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya