NASA: Suhu Arktik Naik Cepat, Es Kutub Bisa Cair

Ilustrasi global warming. Photo Paul Morris/Unsplash.
Ilustrasi global warming. Paul Morris/Unsplash.

Super computer NASA menolak data alogaritma akibat peningkatan suhu ektrim di Arktik, baru-baru ini. NASA telah memperingatkan kenaikan permukaan laut 1,7-2 meter bila es di kutub mencair. Kota-kota pantai bisa tenggelam!

NASA terus mengkaji dampak global warming terhadap mencairnya es di kutub utara. Namun computer canggih yang mereka gunakan “hang” akibat fluktuasi yang begitu tinggi terhadap suhu udara di Arktik.

Para ilmuwan yang memantau sebuah pos di Alaska, menemukan sebuah algoritma di stasiun cuaca, yang telah merekam suhu selama hampir 100 tahun. Anehnya, semua data tahun 2017, dan ebberapa tahun 2016, terhapus!

Para ilmuwan menduga ini dampak kenaikan suhu abnormal yang terlalu tinggi bagi super computer pengamat. Data yang hilang berasal dari Utqiaġvik, titik paling utara di Amerika Serikat.

Dampak global warming. (ist)
Dampak global warming. (ist)

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) menerbitkan laporan awal Desember ini, yang menjelaskan hasil yang “tidak biasa” ini. Deke Arndt, Kepala Cabang Pemantauan Iklim NOAA, mengatakan bahwa perubahan iklim di kawasan ini telah ‘mempercepat’ kerusakan salah satu alat ukur mereka.

Terancam Tenggelam

NASA sendiri mencoba memprediksi ribuan kota yang bakal tenggelam bila kutub es mencair, yang bisa terjadi setiap saat. “Ada gambaran jelas kenaikan 1,7-2 meter permukaan laut rata-rata di bumi,” jelas para ilmuwan.

Air, akan terdistribusi secara merata ke seluruhpermukaan bumi, yang bias membawa dmapak global. Indonesia, memang jauh dari gunung es, namun tetap terdampak. Kota-kota pantai yang berada 2 meter di atas permukaan laut bakal terendam.

Banda Aceh, misalnya, hanya 0,8 meter di atas permukaan air laut, jela sakan terdampak. Jakarta, Makasar, Manado, hingag Jayapura akan menerima dampak serupa, karena rata-rata hanya 1 meter di atas permukaan laut.

Laboratorium Propulsi Jet NASA di California menyebutkan kota-kota di Indonesia yang terdampak: Banda Aceh (1,7 m), Surabaya (1,75), Makasar (1,76), Manado (1,78), Jayapura (1,75) dan kota-kota pantyai lainnya yang naik antara 1,7-2 meter.

Kenaikan permukaan air laut.
Kenaikan permukaan air laut. Google Image

Peringatan yang sama sebenarnya sudah lama dikeluarkan lembaga riset dunia, namun selalu terabaikan. “Bila ingin membangun kota baru, untuk 100 tahun ke depan harus dikaji resiko kenaikan permukaan air laut akibat pencairan es di kutub. Itu pasti akan terjadi karena pemanasan terus meningkat,” kata Dr Erik Ivins dari NOAA.

Menurutnya ada tiga proses utama yang mempengaruhi distribusi cairnya es kutub ke seluruh dunia. Pertama gravitasi, yang mendistribusikan lempengan es kecil ke laut yang lebih panas. Kedua, lapisan es yang mencair akan mengembang secara vertikal, karena sebelumnya ditekan oleh lapisan es yang berat. Dan terakhir, planet kita yang berputar.

“Bumi berputar dan ‘bergoyang’, massa di permukaan berubah, maka guncangannya berubah dan meredistribusikan air di seluruh Bumi.” Katanya.(DM/BBC/*)