NASA: Planet Nine Nyata!

BUMOE 16 Okt 2017
NASA: Planet Nine Nyata!

Setelah beredar teori konspirasi adanya planet misterius – yang disebut Nibiru – yang kelak akan menghantam dan menghancurkan bumi, kini NASA resmi mengakui adanya planet ke Sembilan (Planet Nine) yang mengitari bumi. “Tapi bukan Nibiru yang akan menabrak bumi seperti yang di-isukan,” tulis NASA dalam pres releasenya, pekan lalu.

Planet nine kini sudah diakui NASA, tak bisa ditutupi lagi. “Setidaknya ada  lima bukti observasional yang berbeda, yang jelas menunjukkan keberadaan Planet Nine,” kata Konstantin Batygin, astrofisikawan planet di laboratorium Caltech, Pasadena, AS.

Diakui NASA planet ini 10 kali lebih besar dari bumi (seperti disebut dalam ‘isu’ teori konspirasi), dan garis edarnya jauh berbeda dengan planet planet matahari lainnya. “20 kali lebih jauh dari garis edar Neptunus,” kata NASA. Jadi, planet ini mendekati bumi, lalu pergi jauh ke kegelapan alam.

Sebelumnya, beredar isu planet nine adalah Nibiru,  yang akan menabrak bumi dan menghancurkan semua peradaban kemanusiaan di planet yang kita hidupi ini. “Planet Nine tak mungkin bertubrukan dengan bumi. Garis edarnya jauh,” jelas NASA.

Tapi tidakkah gravitasi dari planet superbesar ini akan berpengaruh pada bumi? Menurut Dr Dimitri Veras, dari Departemen Fisika NASA, planet masif yang jauh memang bisa mengubah keadaan tata surya secara mendasar. “Jelas berpengaruh,” ujarnya.

Planet ini telah mengubah susunan asteroid di Kuiper Belt, di luar planet Neptune. Bila Planet Nine melintas dekat garis edar bumi, pasti akan mempengaruhi, paling tidak atsmosfier dan tentu akhirnya perilaku dan emosi semua makhluk di planet – yang tidak lagi – biru ini. (news.com.au/*)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya