Najib: Hebat, Dua Minggu Ekonomi Negara Melesat!

Mantan PM Malaysia, Datok Najib Razak. (Foto Dok MK)
Mantan PM Malaysia, Datok Najib Razak. (Foto Dok MK)

Kuala Lumpur — Mantan Perdana Menteri Malaysia Datok Najib Tun Razak menyindir pemerintah baru Malaysia sebagai ajaib. Dua minggu mengkritik mengatakan ekonomi Malaysia gagal, kini melesat bagai roket!

Sindiran Najib dikemukakan via celutukan di twitternya. “Saya kagum pada betapa cepat ekonomi negara itu berubah dari situasi krisis yang disebut dan gagal negara sebelum PRU14, menjadi ekonomi yang amat kuat, hanya dalam dua minggu!” tweeted Najib, hari mInggu (27/5/2018) lalu.

Tweet Najib usai dia mengkritik secara terbuka pernyataan Menteri Keuangan Lim Guan Eng, yang menyatakan utang Malaysia mencapai  RM1 triliun (sekitar Rp3500 trilyun).

Awal pekan ini, Lim mengatakan bahwa utang negara itu mencapai RM1 triliun, lebih tinggi dari angka yang diumumkan oleh pemerintah Barisan Nasional. Pernyataan Lim ikut dikritik para pengamat hingga jurnalis keuangan. Jurnalis veteran, Datuk A. Kadir Jasin, mengkritik Lim mempermainkan masalah utang nasional dan mengatakan bahwa menteri baru harus berhati-hati ketika berbicara tentang isu-isu tersebut.

“Kesalahan Lim adalah ketika dia memperoleh fakta yang membuktikan klaim Pakatan benar, dia tidak benar-benar mengevaluasi implikasi dari mengungkapnya,” kata Kadir. Bursa Malaysia telah merosot tajam dalam dua hari terakhir karena dana asing terus meninggalkan ekuitas lokal mereka.

FBM KLCI turun 69 poin atau 3,7% selama dua sesi, menghapus hampir semua kenaikannya sepanjang tahun ini. Ini berbeda pada minggu pertama Mahathir menduduki PM Malaysia, di mana optimisme muncul, termasuk dari para investor.
Lim juga menegaskan kembali, bahwa ekonomi Malaysia tetap kuat dengan fundamental yang solid meskipun kebutuhan untuk memperbaiki kondisi fiskal saat ini. Dia mengatakan pemerintah bermaksud mengembalikan kepercayaan kepada investor mengingat pengumuman baru-baru ini bahwa rasio utang terhadap PDB saat ini. (yan/MK)