Muncul Sun Dog di China, Dikaitkan Dengan Kiamat?

BUMOE 21 Feb 2018
Muncul Sun Dog di China, Dikaitkan Dengan Kiamat?
Sun dog, matahari tampak tiga di China. (Foto: CCTV)

Fenomena alam aneh terjadi di Harbin, China, pagi kemarin (20/02/2018). Matahari muncul dengan labirin lingkaran, sehingga kelihatan seperti ada tiga matahari. Sebagian lain bahkan muncul warna pelangi. Indah, tapi menakutkan. Warga kota Harbin mengabadikan momen langka ini dengan HP mereka. Bahkan ada yang mengaitkannya dengan kejadian tertentu, di tahun ini. Ada pula yang mengaitkannya dengan kiamat, atau perang dunia ke III.

Seperti dimuat laman televisi CCTV+, matahari tampak real menjadi tiga buah dengan intensitas cahaya yang hampir sama. Namun menurut ilmuwan, kemunculan tiga matahari, yang dikenal sebagai Sun Dog ini hanya ilusi, dari pembiasan cahaya matahari yang menembus kabut musim dingin.

Sun Dog tahun 2012 di Shanghai, (Foto: China SMack)

Sun Dog tahun 2012 di Shanghai, (Foto: China SMack)

Kejadian serupa pernah juga terjadi di kota Jiangsu dan Shanghai, China, 10 Desember 2012 lalu, juga di pagi hari. Ribuan warga meyaksikan isu visual 3 matahari yang aneh ini. Lagi-lagi, warga mengaitkan dnegan kejadian kuno dan musibah di dunia yang segera akan datang.

Badan Meteorologi Shanghai terpaksa turun tangan menjelaskan, bahwa sun dog ini adalah fenomena meteorologi serupa Halo matahari. “Ini normal saja, hanya efek pembiasan awan dank abut musim dingin, taka da hubungannya dengan kiamat,” kata mereka, seperti dikutip ChinaSmack. (yan/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya