Mobil Pintar Toyota Diuji Tahun 2020

BUMOE 21 Okt 2017
Mobil Pintar Toyota Diuji Tahun 2020

Mobil pintar Toyota akan diuji coba tahun 2020 mendatang. Mobil belum punya nama ini kelak akan bisa mengemudi sendiri (self driving), parkir sendiri, mengenali emosi pemiliknya dengan sentuhan di ‘kulit’ interiornya, bahkan bisa saling berkomunikasi, dengan berbagai bahasa.

“Kita ingin buat mobil yang faham emosi pemiliknya, dan menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Mobil menjadi bagian hidup yang bisa dicintai,” ujar Makoto Okabe, GM Toyota EV, baru baru ini . Toyota memperkenalkan concept-I, otak komputer yang akan ditanam di dashboard mobil pintarnya ini. Dengan sensor data di setiap lapisan interiornya, mobil ini bisa ‘merasakan’ emosi tuannya, kebiasaan dan pola hidup si pemilik.

Toyota telah menyatakan kesediaanya untuk mengivestasikan $ 1 milyar (satu milyar dollar US) untuk mengembangkan mobil pintar mereka ini.

Dalam event Consumer Electronic Show (ECS) baru baru ini di Las Vegas AS, Toyota membeberkan konsep-I yang akan dipakainya. Diberi julukan YUI, otak yang akan mengemudikan sekaligus mengendalikan aktivitas mobil pintar ini nanti akan mampu berkomunikasi dengan segala Bahasa di dunia, tergantung ke negara mana kelak mobil ini akan dipasarkan. Kemungkinan besar, Indonesia juga menjadi salah satu pangsa pasar. Masalahnya, Indonesia hingga kini ‘belum akrab’ dengan mobil ramah lingkungan, baik mobil listrik maupun hybrid.

Masuknya nama besar Toyota ke dalam bisnis mobil pintar diyakini akan membuat persaingan semakin ketat, setelah sebelumnya konsep mobil pintar dimotori oleh Google bersama Tesla, BMW, Mercedez Benz, Ford hingga Volks Wagen. Pabrikan Honda dan Korea juga mulai mengembangkan konsep mobil pintar mereka. (futurism/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya