Mobil Cina Serbu Australia!

MG-ZS yang dipasarkan di Aussie.
MG-ZS yang dipasarkan di Aussie.

Mobil Cina, khususnya merk Wuling, semakin moncer di Indonesia, setelah gagal pada dekade lalu. Kini, Wuling yang di Aussie berganti nama menjadi MG (Morris Garage), mencoba peruntungan di benua Australia, mulai tahun 2020 ini.

Mengapa MG—produsen mobil sport Inggris—bisa menjadi merk Cina? Iya, karena sejak 2011 MG Car Company Limited sudah dimiliki Perusahaan Cina SAIC Motor Corporation Limited. SAIC kemudian joint venture dengan General Motors dan Wuling.

Baca juga: Wuling Confero: MPV China yang Murah, Fitur Berlimpah!

Makanya lihatlah di Indonesia, Wuling Confero atau Cortez yang memakai mesin Chevrolet  Spin, atau desain pengembangan dari Chevrolet Captiva pada Baojun 530, atau Almaz di Indonesia, atau MG Hector di India. Nama berbeda, tapi tetap produk Cina!

Hebatnya lagi, produk Cina kini memang beda. Lihat saja Baojun 530, atau MG Hector, atau Almaz, yang penuh fitur modern, fitur AI (Artificial Intelligence), yang bisa anda perintahkan untuk menghidupkan mesin, memutar lagu, menjawanb telepon, membuka jendela atau sunroof, AC dan sebagainya!

Lihat Juga: Artificial Intelligence Akan Musnahkan Peradaban Manusia!

MG Hector atau Wuling Almaz generasi ke-4, akan dipasarkan di Australia. (Dok: MG)
MG Hector atau Wuling Almaz generasi ke-4, akan dipasarkan di Australia. (Dok: MG)

Di tengah industri otomotif yang sedang lesu di seluruh dunia, berbagai produk tiga serangkai ini – SAIC – General Motor – Wuling, menyerbu pasar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Seperti di Indonesia, mereka akan investasi besar untuk mengembangkan produk baru di negeri  kanguru itu.

Namun berbeda sedikit dengan Indonesia, di Aussie mereka akan lebih banyak bermain di kelas city car atau SUV kecil, dan tentu saja produk Hector, atau Baojun 530 atau Almaz.

Produk pertama yang akan dipasarkan di sana adalah MG ZS, mobil SUV kecil bermesin 1.0 L yang super hemat, atau 1.5 L yang lebih sporty. Mesin 1.0 L khusus perkotaan, mesin tiga silinder yang mengejar efesiensi. Produk ini saat diperkenalkan akhir 2019 lalu langsung merebut hati konsumen Aussie.

Review lainnya: Toyota New RAV4 , Mesin Baru, Tampilan Baru!

Publik di sana ragu, apakah mesin 1.0 L ini kuat? Namun, selain dibanderol murah, ada garansi 7 tahun dan asuransi lengkap, yang membuat mereka langsung berebut inden MG ZS, yang berlogo ZS 1.0T. Sementara mesin 1.5 L (mesin Wuling Confero/Spin) disematkan pada bodi yang sama, dipasangi gearbox otomatis 4 percepatan, dianggap cukup memadai.

SUV kecil MG-ZS yang dipasarkan di Aussie, dengan pilihan mesin 1.0 L dan 1.5 L. (Dok: MG)
SUV kecil MG-ZS yang dipasarkan di Aussie, dengan pilihan mesin 1.0 L dan 1.5 L. (Dok: MG)

Kelebihan lainnya tentu saja berbagai fitur elektronik khas Wuling, yang bahkan lebih baik dari mobil dua kelas di atasnya.

Lalu bagaimana menyiasati orang Australia yang rata rata setinggi 1,85 meter duduk di kabin SUV mini ini? “Setelah memandingkan dengan produk Korea bahkan Jepang, kita dapat duduk juga dengan lega di kabin mobil ini. Cukup nyaman, dan penuh fitur modern, apalagi dengan harga cukup terjangkau,” ujar Peter Sulliva, salah satu konsumen MG.

Tahun ini, mungkin Wuling bersaudara akan memasok MG Hector, atau Almaz ke Aussie, tentu saja dengan fitur yang melimpah, mungkin saja lebih melimpah dibanding Wuling Almaz?(yan/News.com.au)