Misteri “Hum” di Bumi, Ilmuwan Bingung

BUMOE 10 Des 2017
Misteri “Hum” di Bumi, Ilmuwan Bingung

Suara desahan bumi, hum, telah didengar ribuan orang sejak tahun 1960. Ilmuwan mengklaim bunyi pada frekwensi rendah ini tidak bisa didengar manusia. Tapi banyak orang bisa mendengarnya. Bahkan bunyi baru terdengar dari bawah permukaan laut, untuk pertama kalinya!

Semua menduga-duga :  dampak gerakan plat tektonik, proyek rahasia di perut bumi, hingga aktivitas aliens!

Kini, para ilmuwan menempatkan seismometer di semua bagian dunia yang paling sering terdengar suara hum itu.  Hingga kini belum jelas apa yang menyebabkan dengungan tersebut. Namun para ilmuwan mengatakan, kemungkinan besar  akibat getaran kecil di Bumi yang disebut ‘osilasi bebas’.

Getaran dipicu oleh ekspansi dan kontraksi yang sangat kecil di planet kita secara konstan, meskipun para ilmuwan masih tidak mengerti sumbernya. Gempa bumi telah diketahui menyebabkan Bumi memancarkan getaran yang sama untuk waktu yang lama, namun dengungan hanya terjadi jika tidak ada aktivitas seismik.

Bagaimana dengan dampak elektromagnetik pergeseran kerak bumi? Suara hum pertama kali terdeteksi tahun tahun 1959, namun baru pada tahun 1998 ilmuwan memiliki bukti konklusif bahwa bunyi itu benar-benar ada.

Pembuat situs Hum, MacPherson mengakui banyak laporan warga memberikan kesaksian padanya dan kebanyakan juga mengetahui hal ini dari situsnya. “Kebanyakan orang menemukan situs web saya karena mereka mencari sumber suara frekuensi rendah yang tidak biasa ini,” ujarnya. Planet kita mengeluhkan kondisinya yang ‘tidak sehat’ lagi?  (Daily mail/*)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya