MH370 Ditemukan di Rimba Kamboja?

BUMOE 26 Okt 2018
MH370 Ditemukan di Rimba Kamboja?
Badan pesawat yang diduga MH370, yang terdampar di hutan Kamboja. dok : venuocnhanh/vietnam

London – 8 Maret dinihari, Boeing 777-200 Malaysian Airlines MH370 menembus pekat malam, setelah lepas dari Bandara KLIA Kuala Lumpur menuju Beijing. Sekitar 38 menit usai lepas landas, komunikasi terakhir dengan ATC KLIA. “Malaysian three seven zero, contact Ho Chi Minh one two zero decimal nine. Good night.” “Good night, MH370,” jawab pilot MH370, Kapten Zacharie Shah.

Saat itu, MH370 berada di atas Laut Cina Selatan.  Setengah jam kemudian, MH370 bersama 239 peumpang dan awak hilang tak berjejak, hingga kini. Misteri kehilangannya menimbulkan banyak spekulasi hingga teori konspirasi, mulai misi bunuh diri pilot, dibajak penumpang, dibajak AS ,  dan mendarat di Diego Garcia, dibajak Rusia dan mendarat di suatu lokasi di Uzbekistan, jatuh di sebuah pulau terpencil, hingga diculik UFO.

Namun berdasarkan data satelit Inmarsat yang diyakini, MH370 jatuh jauh di Samudera India, dekat Australia, akibat kehabisan bahan bakar.  Operasi pencarian dan penyelamatan berakhir pada Juni 2018, tanpa membuahkan hasil. Tim yang dibentuk pemerintah Malaysia mengeluarkan laporan bahwa pesawat memang jatuh di Samudera India, namun tak ada indikasi niat bunuh diri dari sang kapten pilot.

Lokasi ditemukan jet komersial yang diduga Mh370. dok : venuocnhanh

Investigasi empat tahun yang panjang dan mahal juga gagal menawarkan jawaban tegas, dengan laporan yang menyimpulkan: “Tim tidak dapat menentukan penyebab sebenarnya untuk hilangnya MH370.”
Dan spekulasi terus beredar dan liar. Yang terbaru, Daniel Boyer,  yang ikut menyelidiki penyebab MH370 hilang, mengklaim telah menemukan badan Boeing 777 itu melalui  Google Maps. Badan pesawat ditemukan di  kedalaman hutan, sekitar 60 mil sebelah barat ibukota Kamboja, Phnom Penh!

Tanda di bodi jet komersial berbadan lebar itu konon amat jelas,  menunjukkan objek putih dengan tanda biru, yang diduga  merupakan bagian dari badan luar MH370. “Saya piker ini benar-benar tubuh MH-370, yang jatuh dalam penerbangan KL-Beijing,” ujarnya pada The Daly Star.

Lokasi di pedalaman hutan Kamboja. dok : google maps

Terlihat huruf ‘y’ dari logo Malaysia dekat jendela kabin tengah.  Dia menyimpulkan rongsokan pesawat yang ditemukannya di google maps itu perlu diselidiki.

Anehnya, penampakan yang diduga MH370 bukan kali ini saja. Sejak menghilang 8 Maret 2014 itu, ada puluhan penglihatan mirip MH370, baik dari sisi bentuk maupun waktu. Ada temuan pesawat di sebuah pulau dekat Mentawai, Indonesia, yang diduga juga MH370.  Pada 19 Maret 2014,  CNN melaporkan nelayan di atol KudaHuvadhoo di Maladewa, dan seorang pekerja rig minyak melihat pesawat besar yang  terbang rendah menderu dekat mereka, pada 8 Maret 2014 pagi hari.

Seorang nelayan mengklaim dia melihat sebuah pesawat terbang rendah yang tidak biasa di lepas pantai Kota Bharu di Malaysia, sementara seorang pekerja rig minyak menyatakan dia melihat “benda terbakar” di langit 186 mil sebelah tenggara dari Vung Tau di Vietnam.

Pihak berwenang Vietnam menganggap klaim itu cukup kredibel untuk mengirim misi pencarian dan penyelamatan ke wilayah tersebut. Namun hingga kini belum ada hasil yang di-umumkan pemerntah Vietnam, Kamboja maupun Malaysia sendiri. (yan/daily star)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya