Mau Suzuki Jimny Bertenaga Listrik? Tunggu 2020!

Suzuki e-Survivor, 'Jimny' berpenggerak energi listrik. Foto dok : Maruti Suzuki

New Delhi – Maruti Suzuki, pabrikan Suzuki di India, yang menjadi pabrikan otomotif terbesar di negara itu akan merilis new Suzuki Jimny bertenaga listrik, tahun 2020 mendatang. Namanya bukan lagi Jimny tentu saja, tapi e-Survivor!

Tahap ini, e-Survivor sedang terus dikembangkan, bekerjasama dengan pabrikan Toyota Jepang. “Terus terang kita tak punya konsep kendaraan listrik,” aku RC Bhargava, direktur Maruti Suzuki India.

Dashboard dengan panel instrumen listrik e-Survivor. dok : Maruti Suzuki

Berkonsep two seater SUV (Sport Utility Vechicle), dengan atap terbuka, dan berpenggerak empat roda (AWD).  E-Survivor ditenagai dynamo dan baterai bikinan Toyota, yang membuat mobil ini full electric car. Sistim charging baterai juga dibuat sederhana, mirip colokan dengan USB.

Mobil konsep e-Survivor telah dipamerkan awal tahun lalu dalam ajang Delhi Auto Expo, di New Delhi, India, awal tahun lalu. Bentuknya mungil, apalagi bila dilhat grill depan, mirip LJ80, Jimny generasi awal yang kecil mungil.

Namun jangan bandingkan dengan interior, khususnya dashboardnya yang ‘bling-bling’, penuh cahaya dan panel instrument serba elentric yang modern. Maruti Suzuki India akan merilis mobil 4×4, ‘Jimny modern’ ini pada tahun 2020. “Ini sejalan dengan tekad pemerintah India, yang akan mencanangkan wajib mobil listrik pada tahun 2030 mendatang,” ujar Bhargava. (yan/The Times of India)