Malaysia Akan Pakai 5 G, Tahun ini!

Teknologi disupport 5 G. (Dok: Huawei)
Teknologi disupport 5 G. (Dok: Huawei)

 Kuala Lumpur – Malaysia, akan mulai menggunakan teknologi 5G, pada kwartal ke tiga tahun 2020 ini, untuk menyiapkan diri memasuki abad telekomunikasi baru dunia. Pemerintah Malaysia menyiapkan dana RM 12.7 milyar (sekitar Rp44,5 trilyun) dalan jangka 5 tahun mendatang.

Menurut pemerintah Malaysia, teknologi 5G ini bukan saja mempercepat koneksi internet secara drastis, namun akan menjadi poros penting kelajuan ekonomi Negara, dan akan merubah pola hidup serta cara berniaga di negeri jiran itu.

“Teknologi 5G akan membuka lapangan kerja sedikitnya 39.000 sepanjang tahun 2021 hingga 2025,” kata laporan pemerintah tersebut. Menteri komunikasi dan Multimedia Malaysia  (MCMC), Kamis (9/1/2020) mengatakan, pemerintah akan mengucurkan RM50 juta (sekitar Rp175 milyar) bagi pengembangan awal sistim 5G.

Maret, Pulau Pinang Tak Lagi Pakai Uang Tunai!

 

Fihak swasta diajak ber-investasi hingga RM143 juta (sekitar Rp500 milyar) bagi pengembangan system 5G, baik software hingga hardware-nya. Sejauh ini, pemerintah sudah menghitung ratusan keuntungan dari pemindahan sistim 4G ke 5G, meliputi sektor pertanian, pendidikan, hiburan/media, kesehatan, pertambangan batubara, minyak dan gas, pelabuhan dan bandara otonom, serta transportasi dan dunia pariwisata.

Perdana Menteri Tun Dr. Mahathir Mohamad akan meletakkan batu pertama pada Proyek ujicoba 5G di Langkawi, Kedah pada 19 Januari 2020. Sistim komunikasi 5G juga akan di uji coba pada Pertemuan Antar bangsa, di Kuala Lumpur, Malaysia pada 20 Januari 2020 mendatang. Apakabar Indonesia? (yan/awani/Sinar Malaysia)