Makam Raja Firaun Dibuka, Enam Arkeolog Mati Misterius!

Pembukaan makan Raja Tutankhamun. Foto dok S Express/Netflix

Kairo – Enam arkeolog meninggal secara misterius usai membongkar makam raja-raja Firaun, di lembah Sungai Nil, Mesir. Warga setempat menilai korban terkena kutukan mantra Firaun, karena mengganggu mumi raja Mesir kuno itu.

“Kutukan tidak bisa membedakan antara arkelolog maupun para pencuri. Banyak juga yang bernasib sial, terkena penyakit hingga mati akibat mencoba mengusik makam-makam itu,” kata seorang penduduk  setempat.

Selama bertahun-tahun, Raja-Raja Firaun dimakamkan di Lembah Para Raja di tepi Sungai Nil di Mesir, dan hingga kini, sudah 64 makam dibuka. Pembukaan paling menegangkan dan terkenal hingga difilmkan, adalah pembukaan makam Tutankhamun. “Makam Tutankhamun yang terkenal ditemukan pada tahun 1922,” papar penulis film dokumenter “Top 10 secret & misterys”, yang dirilis tahun 2017 lalu di Netflix.

Lembah tempat Raja Raja Firaun dimakamkan. Foto dok S Express/Netfilx

Disebutkan, sejak saat itulah, kematian misterius menimpa belasan arkeolog, serta puluhan para pekerja penggalian. Namun hanya disebutkan enam arkeolog yang mati secara misterius.

“Sebagian besar kematian dapat dijelaskan secara medis, namun, dari 12 orang arkeolog yang meninggal selama pembukaan sarkopagus, enam di antaranya meninggal secara misterius, setelah menderita sakit aneh,” katanya.

Mereka menduga ada virus akibat balsam mumi, sehingga mulai sekarang para erkeolog maupun pekerja selalu memakai masker saat memasuki ruangan makam.  Diduga, luka akibat bebatuan makam dimasuki bakteri aktif dari bahan organik yang terurai yang menyebabkan infeksi  mematikan.

Mumi raja Tutankhamun. Foto dok S Express/Netflix

Namun begitulah, tidak semua ahli dan dokter dalam tim mampu menjelaskan penyebab kematian, termasuk nama virus atau bakteri yang terdampak. Apalagi, sebelum meninggal para arkeolog mengalami pengalaman aneh. Beberapa pekerja juga mengaku diteror mimpi buruk usai membuka lokasi pemakaman.  Sebagian bahkan mengaku mimpi mereka bagaikan nyata, didatangi mumi Firaun, dan terkadang seperti hantu mumi yang mengancam mereka. Kutukan raja Firaun? (yan/S Express)