Mahathir: Najib akan Dihukum!

BUMOE 16 Mei 2018
Mahathir: Najib akan Dihukum!
Tun Mahathir Mohammad. Foto dok Twitter.

Kuala Lumpur—Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad  yakin jaksa akan menemukan bukti baru, untuk menyeret mantan PM Tun Najib Razak ke pengadilan. Kasus awal yang akan diungkap adalah kasus 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang fenomenal.

“Kita semakin dekat pada proses pengadilan. Beberapa jaksa secara sukarela mengaku siap membantu, dengan dokumen yang sudah disiapkan,” kata Mahathir. “Dalam waktu dekat kasus 1MDB akan dibuka, dan beliau (Najib) akan menerima konsekwensi hukum atas tindakan beliau semasa menjabat PM. Tentu hukuman akan sesuai dengan bukti dan fakta yang diperoleh,” tambahnya pada Wall Street Journal di Tokyo, via video conference.

Namun Mahathir mengaku masih ragu dengan penyidikan yang akan melibatkan banyak apparat hukum. “Sebagian daripada mereka—apparat penegak hukum—pernah bersama dia, dan kita tidak tahu orang orang ini akan setia pada pemerintah baru atau masih loyal pada Najib,” katanya.

Mahathir telah berkali kali mengingatkan bila terpilih akan mengikuti rule of Law, dan akan menindak semua perbuatan korup yang merugikan negara. Ia kerap menuding 1MDB sangat sarat korupsi dan melibatkan Najib sebagai aktornya. Mahkamah Agung sebelumnya telah membatalkan penyidikan atas Najib, dan menilai Najib—waktu itu masih PM—tidak terlibat di dalamnya.

Beberapa hari lalu, pejabat Bank di Swiss yang membuka account 1MDB, telah meminta waktu bertemu Mahathir dan pemerintahan baru Malaysia, untuk membahas dibukanya kembali kasus 1MDB ini.(yan)

.

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya