Lubang Misterius di Kapsul Soyuz di ISS

BUMOE 27 Des 2018
Lubang Misterius di Kapsul Soyuz di ISS
Lubang kecil di kapsul Soyuz. foto dok : NASA

Moskow – Sebuah lubang di stasiun luar angkasa internasional (ISS) membuat hubungan Rusia-AS kembali tegang. Adalah kosmonot Rusia, Sergey Prokopyev, mengkonfirmasi lubang misterius di kapsul Soyuz milik Rusia, yang menempel di laboratorium ISS itu.

Menurut Prokopyev, lubang di kapsul ruang angkasa Soyuz di bor dari dalam. Namun ia tidak tahu siapa yang melakukannya. Prokopyevf protes media yang mengutip seolah ia menuding lubang itu dibuat astronot AS. “Padahal saya tak pernah bilang begitu,” katanya.

Sudah empat bulan sejak kru pertama kali menemukan lubang di pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, yang melekat pada laboratorium ISS yang mengorbit bumi itu. Namun penyebab terjadinya lubang itu masih misteri.

Tiga kru Soyuz lalu mengumpulkan sampel sejak 12 Desember 2018 lalu, dan membawa semuanya ke bumi. “Kini penegak hukum dan para ahli akan meneliti penyebabnya,” ujar Prokopyev. Perjalanan pulang ke bumi disebut Prokopyev melelahkan, karena mereka harus menggunakan pisau dan gunting untuk mencongkel sampel di bekas lubang tersebut. Para kosmonot Rusia menemukan kebocoran, yang membuat mereka sedikit kehilangan tekanan, walau lubang itu telah disumbat secara manual dengan epoksi dan kain kasa. “Kami menemukan lubang itu sejak 30 Agustus (2018). Kini terserah hasil penyidikan, siapa yang harus bertanggungjawab,” ujarnya.

Foto sampel terlihat seperti di bor dari dalam. Foto dok NASA

Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin menduga lubang itu sudah ada sejak kapsul dibuat di bumi. Ada dugaan juga lubang idbuat dari dalam oleh para awak, termasuk kemungkinan astronot AS. Namun Prokopyev mencemooh dugaan yang terlanjur berkembang di media, yang mengakibatkan hubungan Rusia-AS dalam kerjasama di ISS tegang.  “Apa mungkin awak kami ingin mencelakakan sesama rekannya? Bahkan astronot AS tak mungkin melakukan (dan sulit dilakukan) itu,” protes Prokopyev pada media, saat konperensi pers di Moskow, pekan lalu.

Para ahli juga sempat menduga lubang itu terjadi akibat benturan dengan meteorit kecil. Hal itu pernah terjadi sebelumnya seperti dilaporkan astronot dari ESA (Badan Luar Angkasa Eropa), Alexander Gerst. Ia kemudian menambal lubang mikro itu dengan selotip.

Kosmonot Popkoyev memperbaiki ISS di luar angkasa. foto dok ISS

Tapi Prokopyev tegas membantah lubang itu karena meteorit (luar). “Tidak, lubang itu memang – dibuat — dari dalam,” aku Prokopyev. Ia lebih cenderung pada teori Rogozin, lubang itu tanpa sengaja terkena mesin bor saat kapsul Soyuz dikerjakan di bumi. Tapi oleh siapa? Seorang petugas keamanan Rusia yang tak mau disebutkan namanya mengaku lubang itu di bor oleh seorang pekerja tanpa sengaja, namun menyembunyikan kesalahannya. Padahal, kesilapan itu sangat membahayakan misi dan keselamatan awak Soyuz. Kini, kabarnya fihak Rusia
sudah mengidentifikasi pekerja tersebut, dan pasti akan ditindak secara tegas. (yan/S Express)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya