Landrover Discovery 2020, Penantang Kuat Toyota Landcruiser!

Landrover Discovery 2020. (Foto Landrover)
Landrover Discovery 2020. (Foto Landrover)

Pasar otomotif ikut terpapar akibat pandemic Covid-19. Namun di tengah kelesuan pasar, pabrik Landrover Inggris justru melansir SUV kelas atas andalan mereka, Discovery seri 5, 2020!

Mobil 4×4 kelas atas ini dibanderol lebih dari Rp 1,5 milyar, dan pasti akan lebih mahal bila masuk ke negeri ini. Diklaim lebih andal sistem penggerak 4x4nya, sehingga bisa merambah jalur lebih ekstreem.

Bentuk bodinya juga berubah total dari versi awal 14 tahun lalu, terutama bodi belakang. Salah satu model Discovery seri lima SD6 Landmark Edition, khusus blinged-up yang berada di tengah-tengah lima model Discovery 2020. Mengusung mesin 3.0-liter turbo diesel V6 line-up, model ini Rp 150 juta lebih mahal dari model standarnya.

Mesin memakai dua turbocharger, sehingga tekanan intake jauh lebih tinggi, dan dampaknya mesin lebih responsive dan bengis di semua putaran! Namun teknologi  commonrail yang dipakai membuat mesin ini tetap hemat bahan bakar.

Lihat Juga: Mobil Cina Serbu Australia!

Discovery seri 5, 2020.
Discovery seri 5, 2020. (Foto Landrover)

Transmissi otomatis delapan percepatan dengan AWD (all wheel drive), dengan kontrol traksi elektronik sehingga efisien di berbagai jenis permukaan jalan. Bahkan dilengkapi pula dengan diferensial locker belakang, namun harus membayar tambahan sekitar Rp 20 juta rupiah.

Suspensi udara yang dapat disesuaikan, dengan travel  283mm dan artikulasi roda 500mm. Kedalaman fording maksimum adalah 900mm, dengan kemampuan menanjak hingga 45 derajat.  Kemampuan Disco seri 5 ini diklaim mengungguli SUV 4×4 merk Jerman, seperti Audi  Q7, Mercedes GLE dan BMW X5.

Interior/cockpit Landrover Discoveri seri 5, 2020.
Interior/cockpit Landrover Discoveri seri 5, 2020. (Foto Landrover)

Landmark Edition mencakup velg alloy 20-inci hitam khusus, gril hitam dan bodi dari bonet hingga ke belakang, trim kabin “Technical Lozenge“, jok kulit, atap panorama depan dan belakang, voice command hingga parkir otomatis.

JD Power 2020 US Vehicle Dependability survey merekomendasikan SUV ini sebagai kendaraan dengan durability baik, andal dan aman di segala medan.

Baca Juga: Mau Suzuki Jimny Bertenaga Listrik? Tunggu 2020!

Sensasi mengemudi mobil ini lebih utama karena mesin Turbo diesel 3.0-liter V6 dengan tenaga besar dan torsi yang seolah tidak ada habisnya. Tenaga mesin tersalur dengan lancer via transmissi 8 percepatan yang halus. Dua turbo berurutan secara efektif membuat pasokan udara ke ruang bakar tidak ada jeda, sehingga setelah sentakan pertama, mobil akan terus terpacu penuh tanpa sentakan jeda. Dari 0-100 km/jam, dapat ditempuh SUV besar ini dalam tempo 7,4 detik! Jadi SUV 7 seater dengan berat lebih 3 ton ini jauh lebih baik dari sedan standar umumnya.

Saingan terdekat di kelasnya adalah Grand Cherokee 4WD, dan tentu saja Toyota Landcruiser VX seri 200, si raja jelajah asal Jepang yang amat popular dan sama melegenda itu.(yan/news.com.au)