KTT-G20 Bali : Putin Absen, Biden Bawa C-17 Globemaster

Presiden Rusia Vladimir Putin “mengalah” untuk tidak hadir di KTT G20 yang diadakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 15-16 November 2022 mendatang. Seterunya, Presiden Ukraina, V. Zelensky juga tidak akan hadir

c-17 Globe Master dok : US Airforce

Bali – Presiden Rusia Vladimir Putin “mengalah” untuk tidak hadir di KTT G20 yang diadakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 15-16 November 2022 mendatang. Seterunya, Presiden Ukraina, V. Zelensky juga tidak akan hadir.

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir. “Ya ndak, Putin ndak hadir karena tadi sudah nyampaikan dia ngirim menlunya (Menlu Rusia Sergey Lavrov) untuk datang. Saya kira itu yang paling tinggi,” ujarnya.

Namun Presiden AS, Joe Biden dipastikan hadir. Bahkan Biden selain dikawal pasukan elite dan CIA, juga “dikawal” C-17 Globemaster, yang sempat membuat geger Bali. C-17 Globe master adalah pesawat angkut militer bermesin jet, yang kerap digunakan untuk angkut pasukan maupun evakuasi darurat diplomat dan warga AS seperti saat Afghanistan dikuasai Taliban, beberapa tahun lalu.

Pesawat milik US Air Force itu tiba di Bali pada Selasa (8/11/2022) pukul 13.00 Wita. Pesawat transport militer AS ini disebut membawa logistik logistik untuk kepentingan delegasi mereka di KTT G20. Joe Biden sendiri akan datang dengan Air Force One, Boeing 747 spesial yang akan datang menjhelang puncak KTT G20 di Bali. Pihak Amerika Serikat (AS) disebut meminta agar pesawat kepresidenan Air Force One Joe Biden diparkir di tempat yang jauh dari pesawat komersial, atau dekat pinggir laut selat Bali. (*/CNBC/dtc)