Komet Cerutu: Aliens Mothership?

BUMOE 13 Des 2017
Komet Cerutu: Aliens Mothership?

Sebuah benda mirip komet, berbentuk rokok cerutu baru saja melintas dekat planet kita. Objek langit yang baru ditemukan Oktober 2017 lalu ini diberi nama Oumuamua, karena ditemukan  di Telescop Hawai. Para astronom memberi kode C/2017 U1 untuk objek baru ini.

Kini, ahli astronomi dunia berebut mencari tahu benarkah ini komet, atau pesawat antar tata surya milik aliens? Milyuner Rusia, Yuri Milner salah satu sponsor untuk mencari signal radio yang mungkin dikeluarkan komet ini. Yuri rela merogoh kocek sekitar $ 100 juta dolar (sekitar Rp 1,3 trilyun).

Garis lintasan ‘komet’ Oumuamua

Ilmuwan Stephen Hawking, hingga pemilik facebook Mark Zukenberg ikut terlibat dalam proyek yang diberi nama “Breaktrought Listen Program” ini. Zukenberg siap menambah dana untuk program ini bila dana Yuri tidak cukup. Para ilmuwan akan men-scan frekwensi radio mulai 1 hingga 12 GHz selama 10 jam setiap hari, untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di benda ruang angkasa ini.

“Semakin kita pelajari, ‘komet’ ini semakin aneh saja. Ini bentuk yang ideal bagi pesawat antariksa menjelajah jagad raya,” ujar Avie Loeb, lulusan Harvard Astronomi, salah satu professor   yang membantu Yuri.

Objek yang bergerak 160.000 km/jam (160 kali kecepatan suara) itu kini berada dua kali jarak antara bumi dan matahari kita.  Panjang komet ini sendiri sekitar 400 meter, berbentuk memanjang mirip rokok cerutu.

Lembaga antariksa AS, NASA sendiri heran saat melintasi matahari, objek ini tidak terpengaruh gravitasi ‘bintang’ kita itu. Hanya saat masuk ke sistim tatasurya kita, melintasi bumi justru seperti berubah arah seolah terkena gaya gravitasi planet.

Siapkah manusia bumi, bila ternyata benda ini mothership, atau kapal induk aliens? Atau hanya sebongkah batu ruang angkasa yang entah berasal dari mana, di ruang angkasa yang maha luas, berisi milyaran galaksi, 500 milyar bintang dan bertrilyun-trilyun planet ini?  (Disc/Dmail/*)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya