Kelebihan Berat 0,5 Kg, Pramugari MAS Dipecat!

Pramugari MAS. foto dok : Getty

Kuala Lumpur – Ina Meliessa Hasyim, telah mengabdi sebagai pramugari di Malaysia Airlines (MAS) selama 25 tahun. Ia dipecat gara gara kelebihan berat 0,5 kg, pada tahun 2017 lalu! Saat menimbang badan, ia memiliki berat 60 kg, dari ketetapan MAS seberat 59,5 kg.

Pada 12 Februari 2020 kemarin, pengadilan Malaysia memenangkan MAS dari tuntutan Ina Meliessa. Malaysia Airlines mengklaim berat awak kabin sangat penting untuk menjaga keselamatan penumpang.

Untuk mempertahankan citranya sebagai maskapai premium, Malaysia Airlines memberlakukan aturan manajemen berat badan untuk pilot dan cabin crew, sejak tahun 2015. Jubir MAS mengatakan telah memberikan waktu 18 bulan bagi Ina  untuk menurunkan berat badan, namun gagal.

Pengacara Ina mengatakan bahwa persyaratan berat badan bagi pramugari seperti itu tidak adil, dan tidak diatur oleh maskapai lain seperti British Airways atau Lufthansa Jerman. “Dan tidak ada hubungannya juga dengan keselamatan pesawat,” katanya.

Ketua Majelis Hakim, Syed Noh Said Nazir mengatakan MAS telah memberikan waktu yang cukup bagi pemohon untuk menurunkan berat badan,  namun ia dinilai  gagal mematuhi aturan berat badan yang ditetapkan perusahaan.

Kebijakan berat badan ditetapkan MAS konon selain bagi penampilan dan keselamatan pesawat, juga bagi kesehatan awak kabin itu sendiri. (yan/dailymail).