Kejutan ! 4 Model Baru Harley-Davidson!

BUMOE 01 Agu 2018
Kejutan ! 4 Model Baru  Harley-Davidson!
Harley Pan-America, untuk Touring hingag Adventure Offroad. Foto dok Harley Davidson

Siapa tak kenal motor legendaris dan mahal, Harley Davidson? Kini posisi Harley sulit berada di garis idealismenya. Makanya, perubahan pada 4 model baru lansiran Harley ini mungkin akan mengejutkan penggemarnya. Selain kendala teknologi, hasil produk dan bahan bakar yangs emakin mahal, kebijakan pajak barang tambang Presiden Donald Trump akhirnya memaksa Harley Davidson sedikit meninggalkan  konsep tradisionalnya.

Mari kita lihat empat model terbaru hasil kreasi para insinyur di pabrik Harley Davidson :

Harley Live-Wire, Motor Listrik Harley. Foto dok : Harley Davidson

Harley LiveWire atau serba listrik. Ini hasil perkembangan dari  prototipe “Project LiveWire”. Harley mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi ramah lingkungan. Bentuk Harley’s retro-futuris ini tetap gagah, dengan layar speedometer yang terpadu, torsi tetap tinggi. Namun bentuknya memang agak asing, setidaknya agak melunturkan kesan Harley.

Chief Operating Officer Harley, Michelle Kumbier mengisyaratkan beginilah model masa depan Harley. “Kami akan terus mengembangkan type EV (electrical Vechicle, red), dengan produk yang akan memiliki berbagai ukuran, kekuatan, serta harga yang bersaing. Ini basis baru Harley,” katanya. LiveWire pertama,  akan diluncurkan pada 2019 mendatang.

Harley Pan-America, untuk Touring hingga Adventure Offroad. Foto dok Harley Davidson

Harley Pan America, akan meluncur ke pelanggan pada tahun 2020 mendatang. Dan Harley menyiapkan model  bruiser 1250cc chunky ini, yang akan bersaing dengan sepeda motor berukuran sama produk  Ducati, KTM, dan BMW. Ini pasar ketat, dengan persaingan kuat antar pabrikan. Mesin besar V-twin membuat kesan Harley kembali tampak. Type ini untuk touring hingga adventure offroad.

 

 

 

 

Harley Custom, mirip Japan Style yang memiliki penggemar sendiri. Foto fok : Harley Davidson

Model Khas lain adalah Harley Custom, tetap bermesin 1250cc, sama dengan mesin pada model Pan-American. Kesan agresif yang diperuntukkan penggemar style lama. Kalau di sini dikenal mirip Japan Style. Model ini pasti akan memikat para penggemar khas Harley yang suka memodiv ala japstyle.

 

 

 

 

 

Street Fighter 975 cc, kalau di sini mirip produk Yamaha dan Honda, yang street legal. Foto : Harley Davidson

Dan terakhir, Streetfighter 975cc yang akan diluncurkan pada tahun 2021. Gaya lekuk baru mirip Ducati Streetfighter,  atau kalau di Indonesia serupa produk lansiran Yamaha dan Honda street fighter. Motor jalanan yang tenang, namun tetap garang dan ‘jantan’. Semua didesain dengan kerangka baja tubular 6 inchi, dicangkokkan mesin DOHC V-TWIN yang cantik. Namun semua tanpa ciri khas chrome pada rangka maupun panel-panelnya.

 

Apakah ke-empat model ini akan mampu mendongkrak penjualan Harley? Atau akan tetap membuat penggemar fanatisnya tidak berpaling? Kita tunggu saja. (yan/PopMech)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya