Kamar Pribadi di ISS? Aman Dari Virus, Tapi Siapkan Rp 1 Trilyun!

ISS. dok : NASA

Texas, AS – Kabar baik bagi penggemar luar angkasa! NASA bekerja sama dengan Axiom Space akan membuka Internasional  Space Stasion (ISS) bagi publik secara komersial. Penumpang akan disediakan kamar dengan pemadangan luas ke planet bumi! Penerbangan perdana akan dilakukan awal tahun 2024 mendatang.

Niat NASA dan Axiom Space disambut Philippe Stark, perancang mega yacht seharga Rp 3 trilyun milik Steve Jobs, yang pernah bekerja di Adidas sebagai perancang kamar di ruang angkasa itu. Kamar mewah itu diberi nama “friendly egg”,  karena bentuknya seperti cangkang telur.  Tentu saja cangkang ini bukan sembarang cangkang, karena untuk menempatinya selama 8 hari, anda harus punya dana Rp 1 Trilyun!

Friendly egg. foto dok Axiom Space

Bagi orang kaya, berapalah angka segitu untuk pengalaman sekali seumur hidupnya. “Saya kira ini cangkang telur yang paling nyaman sejagad. Dindingnya akan sangat lembut, selembut sutra dan selaras dengan gerakan tubuh manusia dalam gravitasi nol,” kata Stark.

Kamar pribadi dalam ISS itu  akan menampilkan dinding empuk, dengan layar sentuh dan lampu LED serta  pegangan tangan untuk menghadapi gravitasi nol.  Tapi desain utama dan paling menarik adalah jendela kacanya yang lebar, yang bisa mengamatai bumi, rumah abadi manusia dalam 360 derajat.

Jendela dengan pemandangan 360 derajat ke bumi. dok : Axiom Space

Axiom juga berencana melengkapi cangkang telur ini dnegan koneksi WiFi, agar selain mengamati bumi, penumpang juga bisa beinteraksi dengan istri, anak, saudara dan teman-temannya di bumi bersama kegiatan merteka di gravitasi 9,8 kgm/detik.

Selain penumpang komersial yang kaya raya, NASA juga akan menerima astronot dari Negara Negara yang ingin mengirim atau melatih angkasawannya di ruang hampa. Tentu saja harganya akan berbeda.

Satu penerbangan Axiom Space ke ISS, akan menelan biaya sekitar $ 80 juta (Rp 1,12 Trilyun), bila bepergian dengan dua atau tiga angkasawan, biaya tentu akan lebih hemat. “Pekerjaan Axiom untuk mengembangkan tujuan komersial di ruang angkasa adalah langkah penting bagi NASA untuk memenuhi kebutuhan jangka panjangnya untuk pelatihan astronot, penelitian ilmiah, dan demonstrasi teknologi dalam orbit rendah Bumi,” kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

ISS dok : NASA

Satu hal lagi, NASA juga ingin memajukan eksplorasi luar angkasa kepada publik dunia.  Memang  masih mahal, siapa tahu nanti ada roket baru yang lebih murah. (yan/realetst.com.au)