Joe Biden Presiden AS ke 46 !

Biden memperoleh 279 electoral vote ketimbang Trump yang “hanya” memperoleh 214 electoral vote. Calon demokrat ini menang besar di Negara bagian California, New York, Minnesota dan New Hampshirre. Terakhir, Pennsylvania memberinya  20 electoral vote.

Joe Biden, Presiden AS ke-48. Foto dok AP

Washington DC– Calon Partai Demokrat, Joe Biden menjadi presiden AS ke 46, usai di umumkan menjadi pemenang dalam pemilu presiden AS 2020. Namun Donald J Trump menolak mengaku kalah, dan menyebut “permainan masih jauh dari selesai!”.

Biden memperoleh 279 electoral vote ketimbang Trump yang “hanya” memperoleh 214 electoral vote. Calon demokrat ini menang besar di Negara bagian California, New York, Minnesota dan New Hampshirre. Terakhir, Pennsylvania memberinya  20 electoral vote. Semua wilayah itu basis democrat yang secular dan liberal.

Sementara Trump menang besar di Texas, wilayah tengah dan utara di North Dakota yang konservatif.

Tentu yang paling menarik adalah wakil presiden yang akan mendampingi Joe Biden, Kamala Harris, wanita keturunan Asia. “Kita berhasil Joe, kamu akan jadi presiden AS selanjutnya,” ujarnya sambil tersenyum riang saat menelpon Biden, Minggu (8/11/2020) dalam pakaian training saat berolahraga pagi.

Kamala Harris, Wapres AS terpilih mendampingi Joe Biden. foto : dok tweeter

Sementara Trump sampai hari ini masih menolak mengaku kalah, “Saya menang! Demokrasi telah dikotori. Kecurangan (dalam pemilu AS) nyata terjadi,” tweet-nya, Minggu pagi.  Ia kembali dari lapangan golf saat pengumuman pemenang diberitakan semua stasiun televise di AS. Ia masuk menyelinap ke gedung putih dengan wajah masam. “Ini maish jauh dari selesai!” tulisnya lagi di laman tweeter lagi, setengah mengancam. (yan/***)