Iran Tembakkan 10 Rudal Ke Pangkalan AS di Irak

Iran Tembakkan 10 Rudal ke pangkalan AS di Irak.
Infografis motion. (Fauzan MY)

Teheran – Pangkalan Al-Asad milik Militer AS di Irak, dihantam tiga rentetan rudal yang ditembakkan dari wilayah Iran, Selasa (7/1/2020) malam. Enam roket lainnya dilaporkan menghantam pangkalan AS lainnya di al-Taji, Baghdad.

Warga lokal awalnya melaporkan lima roket menghantam pangkalan militer Al-Taji, 30 km utara Baghdad. Sirene perlindungan berbunyi, dan warga sekitar langsung bersembunyi di rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Kedubes AS Di Baghdad Diserang, AS dan Inggris Siapkan Perang!

Sirene juga terdengar di dalam konsulat AS di Erbil, di wilayah Kurdistan Irak. Namun wartawan TV Kurdistan, Barzan sadiq malah menampik, mengatakan itu kemungkinan hanya latihan.

Posisi markas militer AS di Irak yang diserang Iran. (Data DM)
Posisi markas militer AS di Irak yang diserang Iran. (Data DM)

Pasukan AS kemudian membalas dengan menyerang target kelompok Kataib Hezbollah (KH), sebuah faksi di PMU, yang pro Iran. “Kami menyadari laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak. Presiden telah diberi pengarahan dan sedang memantau situasi dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya, ‘kata sekretaris pers Gedung Putih, Stephanie Grisham.

Foxs News AS melaporkan rudal itu hanya rudal balistik jarak pendek. “Ini adalah rudal jelajah atau rudal balistik jarak pendek,” sebut Fox News mengutip sumber senior militer AS di Irak.

Sebelumnya: Jenderal Qassem Soleimani Tewas Dirudal Drone, AS-Iran Tegang

Presiden AS Donald Trump memerintahkan pasukan AS yang berada di Irak untuk tetap di pangkalan dan terus mengawasi  tindakan militer Iran. “Saya ingin ikut bisa menonton (tindakan) Iran,” ujar Trump meremehkan, seperti ucapannya saat wawancara dengan CBS’s Face the Nation, pada Februari 2019 lalu.(yan/Dailymail)