InSight Tangkap suara ‘Angin’ menakutkan di Planet Mars

BUMOE 15 Des 2018
InSight Tangkap suara ‘Angin’  menakutkan di Planet Mars
Wahana luar angkasa baru NASA ke planet Mars, InSight. dok : NASA

NASA telah menempatkan wahana antariksa Insight, menggantikan Curiosity di Planet Mars. Dalam penjelajahan pertamanya, Insight telah memotret banyak hal di permukaan planet terdekat dengan bumi di tatasurya kita ini. Minggu lalu, Insight bahkan mengirim suara menakutkan, yang diyakini sebagai ‘suara angin’ atau gerakan gelombang suara di atsmosfier Mars, yang menerpa panel surya Insight.

Bagaimana frekwensi ini dapat terdengar?  Data suara itu ditangkap oleh sensor pesawat ruang angkasa dan seismometer, bukan mikrofon, karena angin menyebabkan getaran berpindah dari panel surya pendarat.

Dan ini adalah pertama kalinya suara direkam di Mars, menurut NASA, dan dapat didengar sebagai suara yang ‘tidak biasa kita dengar’ di bumi.  Bruce Banerdt, seorang penyelidik NASA dari misi InSight mengatakan, tertangkapnya signal suara ini tidak direncanakan.

“Tugas utama Insight adalah memetakan dan mengukur kadar mineral dan udara di Mars.  Gelombang suara ini bagian dari yang tertangkap tanpa sengaja,” katanya.

“Bagi saya, bunyinya benar-benar tidak duniawi. Mereka terdengar seperti angin atau mungkin lautan yang menderu di latar belakang,” kata  Tom Pike, anggota tim sains InSight dan perancang sensor di Imperial College London.

“Panel surya di sisi pendarat merespon fluktuasi tekanan angin. Ibaratnya InSight yang menangkupkan telinganya dan mendengar angin Mars melintas di atasnya. Ketika kami melihat arah getaran pendarat yang berasal dari panel surya, itu cocok dengan arah angin yang diharapkan di lokasi pendaratan kami,” tambahnya.

InSight baru-baru ini mengambil selfie pertamanya di Mars, yang menunjukkan “lingkungan kerja” -nya di Planet Merah. “Pesawat luar angkasa menggunakan kamera di lengan robotnya untuk membuat mosaik yang terdiri dari 11 gambar”.

Setelah menempuh perjalanan selama tujuh bulan dan 300 juta kilometer, pesawat pendahuluan InSight NASA akhirnya tiba di Mars pada 26 November 2018 lalu. Misi InSight adalah memetakan bagian daratan Mars. Nasa juga merencanakan misi penjelajahan lanjutan pada  2020, untuk menyelidiki tanda-tanda kehidupan primitiv, yang diyakini pernah ada di planet merah itu, jutaan atau milyaran tahun lalu.

Instrumen utama InSight adalah seismometer buatan Perancis, yang dirancang untuk merekam getaran, termasuk gempa akibat gerakan lempeng, atau jatuhan meteor di Mars. Instrumen kedua, yang diperlengkapi oleh badan antariksa Jerman, terdiri dari bor untuk menggali  hingag sedalam 16 kaki di bawah tanah, sekaligus dilengkapi probe termal  untuk mengukur panas yang mengalir dari dalam tanah di planet merah itu. (yan/NASA/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya