Inggris, Negara Paling Banyak Penampakan UFO

BUMOE 16 Feb 2018
Inggris, Negara Paling Banyak Penampakan UFO
Ilustrasi Alien dan UFO. (Image Express.co.uk)

Hampir 400 penampakan alien dan UFO (Unidentified Flyng Object) telah dilaporkan ke polisi di Inggris dalam tiga tahun terakhir. Aparat di sana  menerima 146 panggilan tentang aktivitas ekstra-terestrial (ET) oleh penduduk setempat pada tahun 2015.

Tahun 2016, ‘hanya’ ada 112 laporan tentang UFO, dan 2017 ada 124 laporan. Total dalam tiga tahun ada 382 laporan penampakan UFO di Inggris saja! Angka penampakan sebenarnya jauh lebih tinggi, namun banyak warga kurangpeduli, selama itu dianggap belum atau tidak membahayakan dirinya.

Inggris paling banyak penampakan UFO. Inggris paling banyak penampakan UFO.

Inggris paling banyak penampakan UFO. (Foto: Express.co.uk)

Hal yang sama mungkin terjadi di belahan dunia lain, namun sedikit yang peduli dengan fenomena ini, atau terkendala komunikasi dengan aparat terkait. Dr Neil Dagnall, peneliti parapsikologis di Manchester Metropolitan University, mengatakan bahwa kepercayaan orang terhadap alien terkait dengan “keinginan untuk menjelaskan yang tidak dapat dijelaskan”.

“Ini hal yang tidak biasa, menyangkut kesadaran sosial kita akan lingkungan. Di Inggris, tampaknya fenomena keingin tahuan terhadap jati diri dan hidup kita di alam raya ini telah mencapai titik yang tinggi,” katanya.

Mungkin juga, ada harapan yang lebih, agar ada kekuatan lain yang mampu melindungi bumi, atau bahkan mencegah perang, dengan kehadiran makhluk super yang bisa merubah keadaan di bumi lebih damai. “Itu sebuah harapan yang indah dari manusia yang berperadaban, berperasaan kemanusiaan yang tinggi,” ujarnya.

Baca Juga: Aliens, Harus Ditakuti atau Harapan (Hidup) Baru?

Ada beberapa wilayah di Inggris yang lebih kerap menerima panggilan soal UFO, seperti Avon dan Sommerset, Wales hingga Yorkshire. Bukan berarti di negara lain tidak ada. Indonesia sendiri pernah beberapa kali heboh oleh penampakan UFO.

Piring terbang alias UFO. (Google Image)

Piring terbang alias UFO. (Google Image)

Paling seru cerita di Australia, yang terkenal dengan insiden Westall, 52 tahun lalu.  Saat itu pukul 11.00 pagi, 6 April 1966, saat penampakan UFO terbesar di Australia terjadi. Sejumlah siswa dan guru di Westall High School dan Westall State School, serta warga biasa mengaku menyaksikan tiga benda logam elips bermanuver diam di langit.

Benda-benda itu mendarat di lapangan yang bersebelahan dengan sekolah, sebelum terbang kembali dengan cepat, meninggalkan lingkaran besar rumput yang rata dan berubah warnanya. Beberapa jam kemudian, polisi bahkan pihak militer datang, dan mengamankan wilayah sekitar sekolah.

Sayangnya saat itu, HP belum membudaya, apalagi social media, sehingga kurang memberi dampak secara global. Namun ada sebuah journal dan 9 news, yang kemudian mencatata kejadian itu dalam berita mereka. Anehnya, ketika hendak dikaji ulang beberapa tahunkemudian, semua berkas gambar dan video berkaitan insiden itu hilang! Hingga kini insiden itu tetap menimbulkan misteri.

Jadi berita headline di koran setempat, namun tak dikembangkan hari berikutnya.

Jadi berita headline di koran setempat, namun tak dikembangkan hari berikutnya. (Image: news.com.au)

Hal ini membuat Shane Ryan, peminat UFO menghabiskan satu dekade terakhir hidupnya untuk menyelidiki insiden tersebut. Ia kemudian berbicara lebih 100 saksi utama, dan ia akhirnya yakin ada sesuatu yang aneh terjadi. “Biasanya penampakan sore, malam atau bahkan jauh di langit.  Ini terjadi di siang bolong, dilihat begitu banyak orang mendarat di lapangan, sebelum lepas landas lagi,” katanya pada news.com.au.

Insiden ini jelas membuktikan sesuatu, hingga pemerintah Australia turun tangan dan mengambil sample tanah di lokasi UFO itu mendarat. “Tapi kemudian pemerintah membisu,” herannya. Media pun kemudian tidak menulis lagi, entah ada yang lebih menarik, atau (hal itu) tidak menarik bagi mereka.

Joy Clarke, seorang siswa yang sata itu berusia 12 tahun bercerita pada Ryan, “Saya berada di kelas saat rebut-ribut ada pesawat aneh. Saya lalu turun dan melihat dengan jelas tiga benda mirip piring terbang, siang itu di lapangan dekat sekolah saya,” ujarnya. “Kini saya yakin, mereka bukan dari bumi ini. Mereka pasti datang dari planet lain,” katanya.

Joy Clarke, Terry dan teman teman mantan siswa Westall mengingat peristiwa 52 tahun lalu.

Joy Clarke, Terry dan teman teman mantan siswa Westall mengingat peristiwa 52 tahun lalu. (Foto: News.com.au)

Saat tentara tiba, katanya, beberapa di antara mereka bertanya ini itu pada para siswa. Sementara siswa lain, Terry Peck, sedang bermain kriket ruang olahraga dekat lapangan, saat melihat pesawat logam bentuk piring itu. “Saya dekat sekali dengan benda itu, sedikit lebih besar dari mobil dan melingkar. Ada beberapa lampu di bawahnya,” katanya pada Herald Sun.

Teman-teman lain, apalagi para wanita  yang ikut bermain berteriak histeris, dan pucat pasi. “Beberapa di antaranya langsung pingsan dan terpaksa digotong ke ruang rawat sekolah,” katanya. Terry, pria yang kini berusia 56 tahun mengatakan tak mungkin menutupi peristiwa yang nyata seperti itu.  (yan/Ekpress/news.com.au)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya