Indonesia, Lokasi Terbaik Nonton Gerhana Super-BlueBlood-Moon

Lintasan gerhana super blue moon 31 Januari 2018. (Dok space.com)
Lintasan gerhana super blue moon 31 Januari 2018. (Dok space.com)

Sebagian besar Indonesia, kecuali Jawa Barat dan Sumatera, akan menjadi arena paling baik menonton gerhana bulan penuh, 31 Januari mendatang. Aceh bisa melihat sebagian, walau tak bisa melihat gerhana total. Itupun bila langit “bersih”.

Peminat astronomi dunia bisa mengamati fenomena 150 tahun sekali ini di Alaska, Hawai, Jepang, sebagian China, Hongkong, Korea, Filipina, Kamboja dan Vietnam. Mau melihat gerhana unik ketika bulan memerah—kebiru-biruan, saat melewati bayangan bumi—planet tempat kita hidup—ini?

Apalagi, bulan akan terlihat lebih besar saat itu, lebih terang dari biasanya. Itu sebabnya disebut supermoon, karena posisi perigee—orbit elipsnya—mendekati bumi.

Baca Juga: Januari 2018, Ada Supermoon sekaligus Gerhana Bulan Total!

Gordon Johnston, eksekutif program di kantor pusat NASA di Washington, merekomendasikan umat manusia melihat fenomena astronomi ini. “Atur alarm Anda lebih awal, keluar dan lihatlah,” ujarnya.

Di wilayah Amerika utara, Alaska dan Hawai, gerhana bulan darah ini dapat dilihat sebelum subuh. Kita, termasuk Timur Tengah, Asia, Rusia Timur, Australia dan Selandia Baru, sedikit lebih pagi.

Posisi bulan terhadap bumi, 31 Januari 2018.
Posisi bulan terhadap bumi, 31 Januari 2018. (Dok: space.com)

Warga di Pantai Barat Amerika Serikat akan melihat gerhana bulan dimulai pukul 03.48 a.m.  Gerhana total akan dimulai pukul 4:51 hingga 6:05 a.m.  Di Indonesia, gerhana akan terlihat mulai pukul 17.57 WIB dengan gerhana total pukul 20.51 WIB. Gerhana sebagian akan terlihat di ufuk timur Aceh dan sumatera lainnya mulai pukul 18.56 WIB dan bisa dilihat hingga menjelang tengah malam.

Bila tidak mendung, bumi akan sedikit lebih gelap karena cahaya matahari tertutup bulan super. Anda punya foto gerhana yang bagus nanti 31 Januari 2018? Foto terbaik silahkan pajang di website Bumoe.id. (yan/*)