Indonesia Beli SU-35 “Flanker E”, Gantikan F-5 Tiger

BUMOE 22 Feb 2018
Indonesia Beli SU-35 “Flanker E”, Gantikan F-5 Tiger
Sukhoi Su-35 Flanker E. Setara F-22 Raptor. (Dok: Google Image)

Dua tahun menunggu, skadron udara 14 bakal di-isi pesawat tempur canggih buatan Rusia, Sukhoi 35 (Su-35), menggantikan pesawat lama F-5 Tiger buatan Amerika Serikat. Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, menantangani pembelian 11 jet tempur multirole, Su-35S ‘Flanker-E’, untuk Angkatan Udara Indonesia (TNI AU).  Pesawat pertama akan dikirim tahun 2018 ini.

“Akan ada 11 pesawat. Setelah dua tahun berunding soal harga dan perawatan, akhirnya selesai, “kata Ryamizard, pekan lalu. Indonesia dan Rusia akhirnya setuju program pengadaan ini, termasuk transfer teknologi Sukhoi.

Baca Juga: Cover Turbofan Pesawat Terbelah di Langit, Apa yang Anda Lakukan?

Kementerian pertahanan menganggarkan total $ 1,5 miliar ( sekitar Rp 2,1 trilyun) untuk pembelian sampai satu skadron lengkap Su-35 (16 unit). “Persetujuan sebelumnya telah dicapai dalam kontrak untuk menyerahkan Su-35 ke Indonesia, maka akan ditandatangani tahun ini,” Viktor Kladov, direktur pertahanan Rusia. Apalagi, selama ini Indonesia sudah memiliki Su-27 dan Su-30 MK, yang ditempatkan di skadron Makassar, Sulawesi.

Persenjataan Su-35, rudal udara-udara, udara-darat dan bom cluster.

Persenjataan Su-35, rudal udara-udara, udara-darat dan bom cluster. (Dok: Google Image)

Su-35 Flanker E—julukan NATO untuk pesawat tempur ini—adalah generasi keempat  jet tempur multirole Sukhoi yang terkenal dengan manuver patuk kobranya. Dua turbofan AL-37FU/117s yang amat kuat dilengkapi radar array, yang secara simultan mampu melacak hingga 8 target sasaran sekaligus! Kecepatan maksimumnya sampai mach 2,3 (lebih dua kali kecepatan suara). Pesawat ini dibandingkan setara dengan fighter terbaru AS yang anti radar dan bisa VTOL (vertical landing & take off), F-22 Raptor.

Pembelian jet tempur Sukhoi ini diawalai era Panglima TNI Endriartono Sutarto. Saat itu, Endriartono menandatangani pembelian Su-27 sebagai bagian dari penguatan alutsista Indonesia. Su-27, apalagi Su-35, amat disegani barat karena manuvernya yang fantastis. Dalam beberapa pameran dirgantara, atraksi Sukhoi membuat decak kagum karena kemampuan tempurnya yang dahsyat.(yan/the diplomat)

Atraksi Su-35 “Flanker E” di Dubai Airshow akhir tahun lalu:

 

Baca Juga: Pesawat Dipiloti Gubernur Aceh Mendarat Darurat

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya