Ilmuwan: Global Warming Pengaruhi Indonesia! Suhu Naik 2° C

BUMOE 02 Jan 2018
Ilmuwan: Global Warming Pengaruhi Indonesia! Suhu Naik 2° C
Kekeringan. Pexel/Levi Morsy

Para ilmuwan meyakini global warming akan membawa dampak, khususnya ke beberapa wilayah bumi yang padat penduduk. Kekeringan akan melanda wilayah Asia Tenggara, Eropa Selatan, Afrika Selatan, Australia Selatan dan Amerika Tengah. Suhu bumi akan meningkat rata-rata 2 derajat Celcius di wilayah yang dihuni oleh sekitar 20 persen populasi dunia itu.

Lebih dari seperempat permukaan tanah dunia, yang menampung lebih dari 1,5 miliar orang, akan menjadi lebih kering dan kering dan kebakaran hutan bisa meluas. “Aridifikasi akan muncul lebih dari 20 sampai 30 persen dari permukaan tanah dunia pada saat perubahan suhu global mencapai 2ºC (3,6ºF),” kata Dr Manoj Joshi, dari University of East Anglia School of Environmental Sciences .

Wilayah bumi yang mengalami dampak global warming.(Google Image)

Wilayah bumi yang mengalami dampak global warming.(Google Image)

Tim peneliti mempelajari proyeksi dari 27 model iklim global dan area teridentifikasi di dunia, di mana pemanasan global kerap membawa dampak buruk. Daerah yang paling terkena dampak adalah bagian dari Asia Tenggara, Eropa Selatan, Afrika Selatan, Amerika Tengah dan Australia Selatan.

Studi ini melihat tingkat kenaikan suhu global saat ini dibandingkandengan data sebelum revolusi industri, di mana suhu bumi telah menghangat  1° C (1,8° F) sejak saat itu.

“Jika suhu global meningkat 2° C (3,6° F), maka 20-30 persen permukaan tanah dunia akan mengering,” tambah Manoj. Aridifikasi merupakan ancaman serius, karena berdampak kritis terhadap wilayah seperti pertanian, kualitas air, dan ke-anekaragaman hayati.(DM/ian)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya