Ilmuwan Dengar Suara menakutkan di Antartika!

BUMOE 30 Des 2018
Ilmuwan Dengar Suara menakutkan di Antartika!
Antena frekwensi rendah justru menangkap suara misterius di Antartika. foto dok : Halley lab

Sebuah tim peneliti secara tak sengaja mendengar frekwensi suara menakutkan, seolah dari luar angkasa, di Kutub Antartika. Semula, para ilmuwan hendak meneliti suara petir di kutub, malah menemukan suara misterius.

Tim peneliti ilmiah di British Antartic Survey (BAS), merekam sinyal suara aneh saat mereka berupaya mendeteksi sinyal dari aktivitas petir dan badai  antariksa di kutub. Para ilmuwan di Stasiun Penelitian Halley, menduga suara misterius itu sebagai badai geomagnetic bumi.

Magnetosfer Bumi adalah lapisan yang mengelilingi, sekaligus melindungi planet ini dari sinar gamma matahari. Kondisi saat ini diperkirakan elegtromagnetic bumi melemah. Salah seorang ilmuwan, Nigel Meredith, yang telah berada di pangkalan terpencil selama hampir empat tahun mengatakan: “Planet kita menghasilkan beragam emisi radio yang luar biasa dan aneh-aneh, khususnya akibat aktivitas lapisan elektromagnetik bumi menahan “serbuan” sinar matahari”.

Biasanya, suara seperti itu hanya terdengar di luar angkasa, dikenal sebagai suara planet. Suara ini tidak dapat didengar langsung oleh telinga manusia. “Tetapi emisi suara yang kita bicarakan sebagian besar adalah gelombang elektromagnetik dan tidak dapat didengar secara langsung,” jelas Nigel.

Peneliti kemudian mengubah rekaman emisi menjadi file audio yang bisa didengar gendang telinga manusia.

Sebenarnya, tugas utama stasiun ini adalah untuk memeriksa cuaca antariksa Antartika, untuk memperkirakan peristiwa cuaca besar, yang dapat mengganggu satelit dan pasokan listrik di seluruh dunia.

Para ilmuwan menempatkan sebuah antenna penerima radio frekuensi rendah, yang kemudian malah mendeteksi gelombang elektromagnetik aneh tersebut.  Berikut video suara misterius tersebut. (yan/Xpress)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya